AKRC, Hormati Keikhlasan dan Kesucian Pengorbanan Pahlawan


Tegal, Jendelaindo - Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRC)  Dalam Rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke- 75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020, merupakan bentuk penghormatan atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan para pahlawan. 
Hal tersebut termaktub dalam Naskah Apel Kehormatan dan Renungan Suci yang dibacakan oleh Inspektur Upacara Dandim 0712/Tegal Letkol Inf. Sutan Pandapotan Siregar, S.I.P saat  AKRC di di Taman Makam Pahlawan Pura Kusuma Negara Kota Tegal, Senin (17/08/2020) pukul 00.00 sampai dengan selesai. 

Hadir dalam AKRC, Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, S.E., M.M, Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi, S.T., M.M, segenap anggota Forkopimda Kota Tegal, Sekda Kota Tegal Dr. Drs. Johardi. M.M, para staf ahli, Asisten Setda Kota Tegal, para Kepala OPD di Lingkungan Pemkot Tegal, para Camat dan Lurah se-Kota Tegal. 

“Menyatakan hormat sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara -  saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa,” ungkap Sutan membacakan naskah apel usai lampu TMP di padamkan dan obor dinyalakan. 

Selanjutnya, sesuai naskah apel kehormatan, Sutan menyatakan bahwa peserta AKRC bersumpah dan berjanji bahwa perjuangan para pahlawan adalah perjuangan para peserta pula dan jalan kebaktian yang dilakukan para pahlawan tempuh adalah adalah jalan bagi para peserta juga. 

Diakhir naskah, Sutan mengajak peserta untuk berdoa bagi pahlawan.  “Semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapatkan tempat sewajarnya,” ungkap Sutan. 
Menurut Sutan, pahlawan yang berada di TMP Pura Kusuman Negara terdiri dari TNI dan Polri 550 orang, Pegawai Negeri Sipil dan Pejuang 74 Orang, dan pahlawan tidak dikenal sebanyak 58 Orang. Sementara petugas upacara terdiri dari Perwira Upacara Pasipers Kodim 0712/Tegal Kapten Inf Suswantoro, Komandan Upacara Danramil 01 /Tegal Barat Kapten Inf Bambang Kalisno, diikuti lk. 70 orang.

Red/Jendelaindo
Lebih baru Lebih lama