Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

8/17/2020

Kemerdekaan Indonesia Diraih Dengan Perjuangan Tak Kenal Lelah Para Pahlawan



Tegal, Jendelaindo - Walikota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono, SE, M.M, menyampaikan bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia patut kita syukuri, sebab keberhasilan kemerdekaan Indonesia ini diwujudkan melalui perjuangan yang tidak mengenal lelah dari para pendahulu kita, dengan berbekal tekad satu tujuan yakni Indonesia merdeka dari belenggu penjajahan, dan atas berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kemerdekaan Indonesia ini dapat kita rasakan.

Hal itu disampaikan pada malam tasyakuran peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, Minggu (16/8/2020) malam di Pendopo Ki Gede Sebayu, Komplek Balaikota Tegal.

“Alhamdulillah besok (Senin, 17 Agustus 2020) kita akan melaksanakan peringatan HUT Kemerdekaan ke – 75, walaupun kita menyelenggarakannya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. sebab kita belum bebas dari belenggu bahaya corona,” ucap Walikota mengawali sambutan.

Walikota juga menambahkan untuk agenda rutin tahunan berupa karnaval, pawai, termasuk lomba dan pentas seni untuk sementara tahun ini ditiadakan untuk mencegah penyebaran covid-19, meski digelar dengan lebih sederhana dan minimalis, perayaan kemerdekaan Republik Indonesia di Kota Tegal ini tetap harus khusyuk dengan menjaga semangat dan kreativitas masyarakat. 

“Kini kita tinggal mempertahankan dan mengisi kemerdekaan dengan derap pembangunan. Proklamasi kemerdekaan yang merupakan tonggak perjuangan sebagai bangsa yang merdeka, sekaligus menjadi energi yang luar biasa bagi pembangunan bangsa,” tambah Walikota.

Sementara itu DR (HC) Muhadi Setiabudi dalam tausiahnya menyampaikan bahwa dari sisi caranya, bersyukur meliputi tiga aspek, yaitu hati, lisan, dan perbuatan. Bersyukur dengan hati dilakukan dengan cara mengakui dan menyadari sepenuhnya bahwa segalanikmat yang diperoleh berasal dari Allah Swt.

Bersyukur dengan lisan dilakukan dengan cara mengungkapkan secara lisan rasa syukur itu dengan mengucapkan tahmid, yaitu“alhamdulillah”, sedangkan bersyukur dengan perbuatan adalah dengan cara melakukansemua perbuatan yang baik dan diridloi Allah SWT.

Hikmah dan manfaat yang kita dapatkan dari sikap bersyukur dan ketulusan beribadah di antaranya mendapatkan keberkahan dari setiap rizki yang kita terima, sebagaimana janji-Nya dalamfirman-Nya; “... jika kalian bersyukur, niscaya akan Kami tambah nikmat baginya, dan jikakalian kufur (mengingkari nikmat-Ku) maka sesungguhnya siksa-Ku itu teramat pedih” (Q.S.Ibrahim/14:7).

Di akhir taushiahnya Muhadi menagatakan bahwa Bangsa Indonesia harus menjadi negara yang hebat dan disegani oleh bangsa lain, dan bisa bersaing dan sejajar dengan bangsa yang maju di dunia.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi, ST. MM, Sekretaris Daerah Kota Tegal, DR.Drs. Johardi, M.M Jajaran forkopimda dan tamu undangan.

Red/Jendelaindo

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot