Sebanyak 210 Narapidana di Kabupaten Tegal mendapatkan remisi

Slawi, Jendelaindo - Sebanyak 210 Narapidana di Kabupaten Tegal mendapatkan remisi umum dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Slawi. Remisi umum tersebut sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Hukum dan HAM tahun 2017. Penyerahan SK tersebut dilakukan secara simbolis oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono kepada tiga orang perwakilan warga binaan pada Upacara Pemberian Remisi Umum Bagi Narapidana dan Anak , Senin (17/8/2020).

Dari 320 orang warga binaan, hanya 210 orang saja yang mendapat remisi umum. Nota tersebut, dibacakan secara langsung oleh Kepala Lapas Kelas IIB Slawi Heru Tri Sulistyono.

Sementara itu, dalam sambutanya Joko menyampaikan, bahwa pemberian remisi umum ini bukan hanya implementasi pemberian hak yang diberikan. Akan tetapi, remisi tersebut merupakan apresiasi yang diberikan negara kepada warga binaan yang telah berhasil menunjukan perubahan perilaku, serta kualitas selama berada di lembaga pemasyarakatan

“Saya ucapkan selamat untuk 210 warga binaan yang mendapat remisi ini, semoga hal ini menjadi pacuan untuk bisa menjadi lebih baik. Selanjutnya, bagi warga binaan yang dinyatakan bebas dan kembali ke masyarakat, di masa pandemi Covid-19, tentunya banyak perbedaan, tidak hanya dari segi kesehatan, tetapi sosial ekonomi. Oleh karena itu,  kita perlu segera beradaptasi dengan kebiasaan baru, agar kehidupan tetap berjalan produktif, sehat dan aman dari Covid-19,” katanya.

Kemudian, lanjut Joko, untuk warga binaan yang belum mendapatkan remisi umum supaya tidak berkecil hati dan tetap semangat dalam menjalani kehidupan di lapas dalam beberapa waktu ke depan, serta menjadikan ini sebagai bahan refleksi dan evaluasi diri. “Untuk para warga binaan yang masih harus tinggal disini, jadikanlah masa ini sebagai sarana untuk ber-mujahadah, melakukan refleksi dan evaluasi diri sembari melihat peluang dan tantangan ke depan demi menyongsong masa depan yang lebih baik” tutupnya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh perwakilan Polres Tegal, Kodim 0712, serta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tegal.(DY)

Wartawan : SIGIT TRI HUTOMO PUTRA

Lebih baru Lebih lama