Bupati Ciamis Sampaikan Sinegritas Penanganan Bencana


Kabupaten Ciamis, Jendelaindo - Apel sinegritas kesiapsiagaan peningkatan penanggulangan bencana dilaksanakan dihalaman Pendopo Kab Ciamis 27/10/2020. 

Inspektur apel, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyampaikan amanatnya, sebagaimana kita maklumi, daerah Kab Ciamis Jabar dalam catatan BNPB indeks rawan bencana di Indonesia termasuk daerah yang memiliki tingkat kerentanan tinggi. Ditingkat Nasional Kab Ciamis berada di posisi ke 16 dari 494 Kabupaten di Indonesia sedangkan di tingkat provinsi berada diurutan ke 5 dari 26 Kota/Kab se- Jawa Barat. Ungkapnya. 

" Maka dari itu, baik pemerintah maupun masyarakat serta sektor swasta dalam kegiatan ini harus memiliki kewajiban berpartisipasi aktif berbagai upaya pengurangan resiko bencana yang sesuai dengan tufoksinya masing - masing ". Lanjut Herdiat. 

Masih Herdiat, tingginya kerentanan disebabkan faktor banyaknya potensi bencana mengancam masyarakat di Kabupaten Ciamis  ( gempa, tanah longsor, banjir /bandang dan angin kencang). Tambahnya. 

" Penyebab tingginya potensi mengakibatkan kerugian korban harta termasuk jiwa serta kurangnya pengetahuan masyarakat terkait kebencanaan maka makin tinggi tingkat resiko yang dihadapi ". Terang Herdiat. 

Beberapa pesan disampaikan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, konteks kesiapsiagaan dibutuhkan sebuah sistem dan mampu menjamin terselenggaranya proses penanganan bencana yang aman serta dapat menekan timbulnya korban jiwa. 

Herdiat Sunarya berharap dengan adanya kegiatan ini, peserta dapat mempasilitasi ruangan partisipasi pemangku kepentingan serta masyarakat dalam mobilisasi sumber daya yang ada untuk upaya penanganan darurat bencana. Jelasnya.

Wartawan : Prayudi

Lebih baru Lebih lama