Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

9/24/2021

Peringati Hari ATR, Dedy Yon Jadi Irup dan Bacakan Sambutan Menteri ATR

Tegal,Jendelaindo - Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono bertindak lansung menjadi inspektur upacara dan  membacakan sambutan Menteri Agraria dan Tata Ruang atau Kepala Badan Pertanahan Nasional, Sofyan A. Djalil dalam
Upacara peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang (ATR) berlangsung di Kantor ATR Jalan Hang Tuah Kota Tegal, Jum'at (24/9) pagi.

Dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Tahun 2021 mengusung tema “Percepatan Pemulihan Ekonomi melalui Pelayanan Tata Ruang dan Pertanahan yang Profesional” dengan maksud melaksanakan Undang-Undang Cipta Kerja IUUCK) dan turunannya untuk menciptakan lapangan kerja yang seluas-luasnya bagi rakyat Indonesia dengan cara memberikan kemudahan berusaha bagi Usaha Mikro,  Kecil,  dan Menengah (UMKM) serta mendorong investasi.

"UUCK yang salah satu tujuannya adalah memperbaiki persoalan perizinan kegiatan berusaha, telah memberikan ruang yang lebih luas dan peran penting bagi tata ruang sebagai ujung tombak dalam pemberian izin berusaha. Dukungan terkait kemudahan perizinan diberikan melalui penyederhanaan persyaratan di mana hanya ada 3 (tiga) persyaratan dasar yang dibutuhkan dalam rangka kegiatan berusaha yaitu  Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR), Persetujuan Lingkungan dan Detail Tata Ruang (RDTR) yang bersama-sama Pemerintah Daerah harus kita dorong dan percepat penerbitannya," paparnya.

Selain itu, dalam sambutannya terkait tata ruang, Kementerian ATR/BPN telah meluncurkan inovasi dan terobosan Geographyc Information System Tata Ruang (GISTARU) di antaranya RTR-Online, RDTR Interaktif, RTR-Builder, Konsultasi Publik Online, dan Protaru.

"Sejalan dengan semangat percepatan pemulihan ekonomi nasional, hari ini akan diluncurkan Sistem Pendaftaran Online Aplikasi Loketku dan Aplikasi Permohonan Informasi Outline. Dengan adanya layanan elektronik ini, maka masyarakat lebih yakin mengenai kelengkapan berkasnya sebelum datang ke Kantor Pertanahan. Pelayanan pertanahan secara elektronik ini nantinya akan meningkatkan efisiensi waktu, biaya, dan transparansi pelayanan," tambahnya.

Selain itu, Sofyan A. Djalil menyampaikan dalam sambutanya bahwa Presiden telah menyerahkan sertipikat Redistribusi Tanah Objek Reforma Agraria dan hasil penyelesaian  konflik  pertanahan sebanyak 124.120 sertifikat di 26 provinsi dan 127 kabupaten/kota. Selanjutnya perlu  dikawal  mengenai  pemberdayaan  masyarakatnya (access reform) untuk memastikan penerima sertifikat mendapatkan akses permodalan.

"Mari kita bersama-sama dengan Pemerintah Daerah dan stakeholder terkait untuk mendorong diberikannya access reform kepada penerima sertipikat redistribusi  tanah,  tentunya  agar  dapat memberdayakan asetnya untuk dijadikan modal usaha sehingga akan meningkatkan perekonomian masyarakat," tambahnya.

Dalam rangka percepatan PTSL, Sofyan A. Djalil mengajak Gubernur dan Bupati atau Wali Kota untuk menyukseskan program trsebut dengan membantu masyarakat yang kurang mampu melalui penyediaan anggaran Pra-PTSL serta membantu meringankan beban masyarakat dengan pengurangan atau bahkan penghapusan BPHTB sehingga target tahun 2025 seluruh bidang tanah di Indonesia terdaftar dapat dicapai. Masih banyak dijumpai kendala sertipikat tidak terbit karena masyarakat tidak mampu membayar BPHTB.

"Saya juga menyampaikan penghargaan dan ucapan  terima  kasih yang tak terhingga kepada para Gubernur, Bupati/Wali Kota,  Camat, Kepala Desa dan Lurah, yang selama ini telah bekerja keras bersama-sama jajaran Kementerian ATR/BPN dalam menyukseskan Program Strategis Kementerian ATR/ BPN. Ucapan terima kasih yang tulus  juga  saya sampaikan kepada jajaran Kementerian ATR/ BPN di seluruh tanah air atas dedikasi, pengorbanan, dan kerja kerasnya selama ini, serta semua pihak yang telah membantu pelaksanaan program  dan  kegiatan  Kementerian ATR/ BPN," kata Sofyan A. Djalil.

Ditambahkan Sofyan A. Djalil dengan pelayanan-pelayanan yang disediakan, Kementerian ATR/BPN saat ini sudah jauh lebih baik dari tahun- tahun sebelumnya.

Red/Sholeh

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot