Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

6/07/2023

Sambut Hari Bhayangkaran Ke-77, Polres Brebes Gelar Lomba Pos Satkamling

Brebes, Jendelaindo – Dalam rangka menyambut hari Bhayangkara ke 77 tahun 2023, Polres Brebes Polda Jawa Tengah menggelar lomba Pos Satkamling tingkat Polres Brebes.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 3 (tiga) desa yang mewakili dari masing - masing Rayon Polsek jajaran Polres Brebes, yakni Polsek Rayon Pantura Polsek Brebes, Tengah Polsek Banjarharjo dan Selatan diwakili oleh Polsek Tonjong.

“Ada 3 desa yang menjadi perwakilan dari tiap rayon untuk mengkuti kegiatan lomba Pos Satkamling ini,” kata Kapolres Brebes AKBP Guntur M Tariq yang diwakili Kasat Binmas AKP Agus Dwi Nugroho, Rabu (7/6/2023).

Disebutkan Kasat Binmas, 3 perwakilan desa yang mengikuti lomba tersebut adalah, Pos Satkamling Rayon Pantura yang diwakili oleh Desa Wangandalem Kecamatan Brebes. Kemudian Rayon Tengah diwakili oleh desa Cibendung Kecamatan Banjarharjo dan Rayon Selatan diwakili oleh Pos Sat Kamling Desa Linggapura Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes.

Disampaikan Agus bahwa penilaian 3 desa tersebut udah dilaksanakan secara bersama sama oleh Tim penilai pada Selasa malam (6/6) dengan menyambangi masing masing Poskamling yang menjadi peserta lomba. Dari perwakilan 3 desa tersebut, nantinya yang berhasil meraih juara 1 akan dikirim untuk mengukuti Lomba yang sama di Tingkat Polda Jawa Tengah.

“Penilaian sudah dilaksanakan dan saat ini Tim penilai dari Sat Binmas Polres masih bekerja untuk memastikan siapa yang berhak untuk mewakili Polres Brebes dalam Lomba Pos Satkamling yang akan digelar ditingkat Polda Jawa Tengah, dalam rangka Hari Bhayangkara pada tanggal 1 Juli mendatang,” jelasnya.

Disampaikan Kasat Binmas, ada beberapa aspek penilaian dalam lomba tersebut. Diantaranya adalah kondisi bangunan, lokasi dan kebersihan Pos kamling. Kemudian sarana prasarana dan kelengkapan yang dimiliki serta kesigapan petugas berupa peragaan penanggulangan saat  menangani masalah kejahatan, bahaya bencana alam, kebakaran dan gangguan Kamtibmas lainya.

“Ada beberapa kriteria yang menjadi penilaian dalam lomba tersebut. Dan dalam penilaian ini dipastikan akan dilakukan secara obyektif berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan,” ungkap Kasat Binmas. 

Ditambahkan Kasat Binmas, dalam pelaksanaan penilaian tersebut, Sat Binmas juga memberikan materi edukasi kepada masyarakat dan petugas jaga. Edukasi diberikan terkait pelaksanaan tugas jaga dan juga prosedur penanganan awal saat terjadi tindak pidana, bencana maupun gangguan Kamtibmas lainya.

Pihaknya juga menyampaikan terimakasih kepada warga masyarakat yang ikut berperan dalam pelaksanaan lomba Pos Satkamling yang digelar dalam rangkaian hari jadi Bhayangkara ke 77 tersebut.

“Harapan kami yang terpenting Pos Satkamling tetap aktif dan didukung penuh oleh seluruh element masyarakat dalam membantu tugas Polri menjaga Kamtibmas wilayah masing masing,” pungkasnya.

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot