PMT Ikut Andil Bersih Di Pantai Alam Indah Kota Tegal

TEGAL, Jendelaindo - Paser Mania Tegal (PMT), salah satu organisasi dibawah Perkumpulan Pemaser Ikan Indonesia (PPII) ikut andil dalam kegiatan bersih pantai yang digelar oleh Dinas Pembinaan Potensi Maritim Markas Besar Angkatan Laut (Dispotmar Mabesal) dan Lanal Tegal. 

Kegiatan yang diberi nama Karya Bhakti dalam rangka Pembinaan Ketahanan Wilayah Maritim Tahun 2020 oleh Dispotmar Mabesal bersama Masyarakat Tegal yang dilaksanakan di Obyek Wisata Pantai Alam Indah (PAI) pada Selasa (11/08/2020) juga diikuti oleh TNI/Polri, Pramuka, pelajar dan organisasi kemasyarakatan lainnya. 

Sebelum dilaksanakan bersih pantai, terlebih dahulu dilaksanakan Apel yang diikuti seluruh peserta. Apel dikomandani oleh Kasatbek Lanal Tegal dan sebagai Penerima Apel Komandan Satgal / Kasubdis Binpuan Dispotmar Mabesal Kol. Mar. Baidhowi Oktavidia. Ketua PMT Muhamad Arif juga menjadi salah satu dari tiga perwakilan penerima peralatan kerja bersih pantai yang diserahkan langsung oleh Kasubdis Binpuan Dispotmar.

Muhamad Arif yang akrab disapa Bang Ayiep mengatakan PMT ikut melaksanakan perbantuan sekitar 25 personel atas undangan Komandan Lanal Tegal Letkol (Mar) Ridwan Azis, M.Tr.Hanla., CHRMP. 

Terkait kegiatan PMT selain melakukan hobi memaser ikan, dikatakan Bang Ayiep PMT juga peduli terhadap lingkungan. “Anggota PMT peduli terhadap kelestarian lingkungan hidup. Dalam artian kita ikut mengawasi pencemaran lingkungan di sungai-sungai, ikut melaksanakan pembersihan pantai, menanam kembali mangrove, dan penebaran kembali bibit ikan di sungai,” ungkap Bang Ayiep dalam melaksanakan bersih pantai, anggota PMT tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan jaga jarak, pakai masker, menggunakan baju lengan panjang dan rajin cuci tangan. 

 Bang Ayiep juga menghimbau kepada masyarakat, bahwa PMT bersama TNI/Polri, dan elemen masyarakat Kota Tegal untuk bersama-sama melaksanakan kebersihan lingkungan. “Sehingga lingkungan kita ini, yang paling utama di obyek wisata dapat kembali bersih. Agar orang di luar Kota Tegal dapat datang ke sini liburan dan dapat mengangkat kembali pariwisata Kota Tegal,” tutur Bang Ayiep 

Kedepan, kata Bang Ayiep, karena pelaksanaan pemaseran atau penembakan ikan dilakukan di matra laut, secara organisasi PMT dibawah pembinaan Dandim 0712/Tegal, namun pelaksanaan pemaseran ikan di matra laut, alangkah lebih baiknya PMT akan menghadap Danlanal untuk sebagai Pembina PMT. “Selain Dandim, kami juga  mengajak Danlanal dan Wali Kota Tegal untuk sama-sama membina kami, agar PMT menjadi organisasi yang terarah dibawah pembinaan Forkompimda,”  harap Bang Ayiep. 

Danlanal Tegal menyatakan terima  kasih atas partisipasi PMT dalam kegiatan bersih pantai dan sangat mendukung PPII sebagai cabang olahraga baru dan mendeklarasikan secara resmi organisasi PMT sebagai warga maritim. “Berburu tidak semestinya di hutan. Kita berburu di laut. PMT saya sudah resmikan jadi warga maritim. Dan saya siap jadi Pembina. Seumur hidup,” ungkap Ridwan dengan bersemangat dan merasa bangga menjadi bagian dari PMT. 

Dalam kesempatan itu, Ridwan meminta anggota PMT untuk selalu menjaga kekompakkan. Selain itu, ketika melaksanakan kegiatan pemaseran untuk selalu menjaga kebersihan dan turut menjaga keamanan lingkungan. “Begitu melihat ada sampah langsung bakar. Begitu lihat ada kejahatan, amati kalau bisa ditangani,” kata Ridwan.

Ridwan juga meminta PMT untuk menjadi contoh bagi organisasi pemaser ikan lainnya di Indonesia. “Jadi kepengurusan paser Pantura ada di Kota Tegal dan PMT menjadi kiblat bagi pemaser lain di Indonesia.Kita buat yang terbaik buat Tegal dan buat Indonesia,” ungkap Ridwan yang juga takjub dengan keberadaan PPII di Indonesia yang telah memiliki anggota sekitar 22.000 orang.  

Dalam sambutan Kepala Dinas Pembinaan Potensi Maritim Markas Besar Angkatan Laut (Dispotmar Mabesal) Brigjen TNI (Mar) Nuri Andrianis Djatmika yang dibacakan oleh Kasubdis Binpuan Dispotmar Mabesal Kol. Mar. Baidhowi Oktavidia, TNI AL juga berkomitmen dalam penanggulanan dan pencegan Covid-19 dengan mengadakan penyuluhan kesehatan, penyulihan hukum untuk nelayan pesisir, pembagian APD di dua Puskesmas di Kota Tegal dan Brebes, dan bersih pantai. 

Disebutkan Nuri, kegiatan yang dilaksanakan oleh Dispotmar Mabesal memiliki beberapa sasaran. Antara lain terciptanya program pembinaan ketahanan wilayah bahari, terwujudnya kemanunggalan TNI AL dan masyarakat, generasi muda khususnya saka bahari dan komponen masyarakat lain, terlaksananya pembekalan pendataan kopmar dalam rangka pertahanan negara dan terlaksananya bakti sosial dengan bersih pantai dan pemberian tempat cuci tangan di beberapa desa.

Red/Jendelaindo

Lebih baru Lebih lama