4 Kelurahan di Kabupaten Magetan Ikuti Program Kampung Iklim

Magetan, Jendelaindo - 4 Kelurahan di Kabupaten Magetan mengikuti penilaian Progran  Kampung Iklim yang diselenggarakan oleh Kementrian Lingkungan Hidup Republik Indonesia. Pujo Nurcahyo  Kasie Peruabahan Iklim  Balai Pengendalian Perubahan Iklim  Kebakaran Hutan dan Lahan  mengatakan,  ada 80 usulan di Jawa Tmur yang akan mendapat penilaian dalam program kampong iklim. 
“Total nasional  itu ada 400 lebih, tapi kalau di wialayah kami jawa, Bali, Nusa Tenggara itu ada 80 lebih. Khusus Jawa Timur itu ada 80 usulan.  Sekarang verifikasi, kebtulan 4 di Magetan itu semua utama ,” ujarnya. 

Pujo menambahkan, program Kampung Iklim merupakan program kegiatan dibawah Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dimana kelompok masyarakat mengupayakan inovasi terkait aksi adapatasi peruabahan iklim.  

Salah satu wilayah di Magetan yang mendapat penilaian adalah lungkungan RW 3 Kelurahan Selosari yang melakukan sejumlah inovasi seperti penanaman bunga dan sayuran serta pembuatan taman dilingkungan sehingga menjadikan lingkungan terlihat asri. Warga RW 3 juga melaukan inovasi dibidang ketanhana pangan dengan membudidayakan aquaponik.

“Di Rw 3 ini seperti jadi seperti apa kegiatannya, adapatasi jadi bagaimana upaya kita beradaptif terhadap lingkungan yang sekitar Disini banyak aquaponik , jadao ada tanaman sayuran ada ikan disitu nanti merupakan ketahana pangan,” imbuhnya.

Melalaui  Program Kampung Iklim diharapkan masyarakat menjadi pelaku aksi mitigasi dan dapatasi  untuk meningkatkan ketahanan  terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan  emisi gas rumah kaca.

Wartawan : Aris
Lebih baru Lebih lama