Nelayan Tegal, Gelar Sedekah Laut

Tegal, Jendelaindo - Nelayan Kota Tegal menggelar acara sedekah laut, dengan melarung lima ancak di tengah laut, Minggu (6/9). Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono, bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) hadir dalam acara larung ancak tersebut menggunakan Kapal "Maribaya" milik Pangkalan Angkatan Laut Tegal.

sebelum acara pelarungan ancak lima kepala kerbau, Wali Kota Tegal menyampaikan bahwa Sedekah Laut saat ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana dilaksanakan ditengah pandemi, Ia menyampaikan agar dalam penyelenggarannya tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Wali Kota juga mengapresiasi pihak panitia, dengan berbagai pertimbangan membatalkan salah satu rangkaian acara Sedekah Laut Nelayan kota Tegal, yakni membatalkan pertunjukan musik dangdut "Monata" yang sedianya akan turut meramaikan acara Sedekah Laut Nelayan Tegal 2020.

"Saya menghargai, atas pertimbangan dari panitia dan kepolisian, agar bisa mengurangi massa yang besar, sehingga hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi, panitia membatalkan Monata," tutur Dedy Yon.

Dedy Yon juga menyampaikan bahwa, Sedekah Laut inu merupakan agenda rutin tahunan, dan merupakan tradisi turun temurun yang setiap tahunnya dirayakan masyarakat nelayan Kota Tegal, dan menjadi sebuah kearifan lokal yang harus dilestarikan, namun demikian ditengah pandrmi COVID 19, Wali Kota Tegal tetap mewanti-wanti agar tetap menjaga protokol kesehatan
ketua Himpunan Nelayan Indonesia Kota Tegal, Riswanto menyampaikan bahwa sedekah laut ini merupakan ungkapan rasa syukur nelayan sekaligus doa Nelayan Kota Tegal agar di diberi kelancaran dalam melaut dan dilimpahkan hasil tangkapan yang banyak pula.

senada dengan Wali Kota, Riswanto juga berpesan agat masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan, khususnya pada pelaksanaan sedekah laut Nelayan Kota Tegal 2020 ini.

"Meskipun banyak rangkaian kegiatan yang dikurangi, namun tidak mengurangi makna dari sedekah laut ini" imbuh Riswanto.

Red/ Jendelaindo
Lebih baru Lebih lama