Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

10/27/2020

Pasca Longsor, Babinsa bersama Warga Bersihkan Rumah Rustam


Cilacap, Jendelaindo -Babinsa Ujungbarang, Koramil 13 Majenang, Kodim 0703 Cilacap, Koptu Sukiman bersama masyarakat melaksanakan kerja bakti guna membersihkan material tanah akibat bencana tanah longsor yang menimpa rumah warga, Rustam (34) yang berlokasi di Dusun Ujungbarang 1 RT.03/RW. 01, Desa Ujungbarang, Kecamatan Majenang, Minggu 25/10/2020


.Diketahui, bencana tanah longsor telah menimpa rumah Rustam pada Sabtu (24) sekitar pukul 16.00 waktu setempat, yang disebabkan intensitas hujan yang cukup deras dari mulai pukul 13.00 sampai 15.00, hal ini  mengakibatkan tebing tanah setinggi 10 meter dan panjang 15 meter longsor mengenai bagian sampinh  rumahnya.


Sebagai langkah penanganan bencana, Babinsa Koptu Sukiman memotori warga setempat untuk melakukan upaya pembersihan material longsor agar tidak membahayakan bagi penghuni rumah.


Dia mengatakan dirinya sudah berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Desa Ujungbarang untuk melaksanakan kegiatan kerja bakti di lokasi terdampak longsor.


"Kita bersama-sama warga berkewajiban menolong orang yang terkena bencana, untuk itu cara yang paling efektif adalah dengan kerja bakti. Dengan adanya kerja bakti maka pekerjaan akan cepat selesai dan warga (korban ) terdampak longsor dapat segera membenahi rumahnya agar dapat beraktifitas seperti biasanya," katanya.


Beruntung dalam insiden ini tidak menelan korban jiwa, hanya saja material tanah menimbun bagian samping rumah Rustam. Kerugian materil diperkirakan hanya sebesar satu juta rupiah saja.


"Terkait cuaca saat ini yang cukup ekstrim, hujan juga sangat deras, kami menghimbau kepada warga agar lebih waspada dan tanggap bencana. Terutama warga didaerah lawan longsor, perhatikan setiap perkembangan lingkungan sekitar. Dan apabila terjadi bencana segera lapor ke Babinsa atau aparat terdekat," tandasnya.

Red/ Sholeh

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot