Pemkab Ciamis Raih Penghargaan KLHK RI



Kabupaten Ciamis, Jendelaindo - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ( KLHK)  RI berikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Ciamis Jabar secara simbolis melalui virtual yang diwakili Sekretaris Jenderal KLHK Bambang Hendroyono dalam acara puncak festival iklim penghargaan Proklim 2020. 

Pemberian penghargaan Proklim diberikan oleh DirJen pengendalian perubahan iklim di Kantor KLHK Jakarta 23/10/2020. 

Beberapa wilayah yang meraih penghargaan Proklim tersebut diantaranya dusun pasir peuteuy Desa Pawindan kec Ciamis, dusun antralina Desa Sumberjaya kec Cihaurbeuti serta dusun pasir tamiang tonggoh Desa Pasirtamiang kec Cihaurbeuti Kab Ciamis. 

SekJen KLHK Bambang Hendroyono menyampaikan, penghargaan yang diberikan merupakan sebagai bentuk apresiasi atas upaya pemerintah daerah yang menetapkan kebijakan peraturan, pembinaan serta pendampingan pelaksanaan program kampung iklim ( Proklim) hingga menjadi bukti nyata Pemda dalam pengendalian perubahan iklim di Indonesia. Jelas Bambang. 

Lanjut Bambang, sebagaimana kita ketahui, festival iklim 2020 telah dibuka pada tanggal 07 oktober tahun lalu sehingga akan berakhir 27 oktober 2020. 

Tema festival iklim disesuaikan dengan situasi yang sedang dihadapi saat ini yaitu penguatan adaptasi dan mitigasi pemulihan iklim di masa pemulihan pandemi Covid 19. Terangnya. 

Masih kata Bambang, pemberian penghargaan Proklim kepada daerah yang memiliki inisiatif komitmen, dedikasi serta diwujudkan dalam langkah nyata pengendalian perubahan iklim yang dilakukan ditingkat tapak, menanam menghijaukan hingga menghutankan kembali. 

Selain itu memilih dan memilah sampah, menghemat pemakaian listrik, air, tidak membakar sampah, lahan dan hutan serta meningkatkan ketahanan pangan dan bencana. Pungkasnya.

Wartawan : Prayudi

Lebih baru Lebih lama