Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

11/29/2020

Bertemu Sineas Kota Tegal, Jumadi Tekankan Tingkatkan Kreativitas

Tegal,Jendelaindo - Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi mendorong kreativitas anak-anak muda Kota Tegal, khususnya di bidang perfilman. 

Ia menyampaikan hal tersebut saat bertemu dengan kru dan pemain film pendek "Nang Rusun Bae" di Rumah Dinas Wakil Wali Kota Jl. Kartini Kota Tegal, Minggu (29/11).

"Kota Tegal memiliki sutradara yang bagus-bagus, kemarin mas Wisnu Juga film “Turah” itu luar biasa, saya kira mereka harus berbangga, dan mereka harus tetap meningkatkan kreativitasnya," tutur Jumadi.

Selain kreativitas di kalangan sineas, Jumadi juga menyampaikan agar anak-anak muda yang kreatif di bidang seni tari, seni rupa dan lainnya bisa mengembangkan dan  lebih kreatif lagi. 

Jumadi menyebut untuk membangkitkan kreativitas sebaiknya dimulai dari level bawah yaitu mulai dari anak-anak.

"Dan bukan hanya di bidang film saja, melainkan tari, menggambar, seni rupa, seni musik, dan industry. Kreatif ini harus dikembangkan dan dibangkitkan dari level yang paling bawah, yaitu anak-anak," kata pria yang akrab disapa MJ itu.

Salah satu sineas Kota Tegal, Wicaksono Wisnu, menyampaikan saat ini, penggiat film di Kota Tegal sudah mulai menjamur. 

Hal tersebut terbukti dari tahun 2019 kemarin ketika Wisnu membuat Festival Film Tegal, ternyata pesertanya cukup banyak. “Ada 28 film,” tutur Wisnu.

Selain itu, Wisnu juga melihat ketika diadakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan seputar perfilman,  pelatihan, pemutaran film, peminatnya juga lumayan. 

Termasuk terakhir ada Festival Film Jogja yang sistemnya di kumpulkan di komunitas-komunitas di 15 kota. Salah satunya di Kota Tegal dengan peminat yang juga banyak.

"Peminatnya sudah ada, pembuatnya sudah ada, ya tinggal sedikit lagi Kota Tegal bisa jadi seperti kota-kota lain dimana sinemanya berkembang," ucap Wisnu.

Ia juga memberikan tips kepada sineas-sineas yang baru, agar jangan takut untuk berkarya, dan jangan terlalu banyak berpikir. Jika ada ide, dan keinginan agar langsung di eksekusi. Sebab menurutnya jika terlalu banyak berpikir nantinya tidak akan bergerak.

"Bagi sineas-sineas yang baru memulai, sebaiknya jangan terlalu banyak berfikir, ambil gambar saja, pengin bikin apa, bikin aja, pengin rekam, rekam saja, jangan terlalu banyak berfikir. Jika kita terlalu banyak berfikir, nantinya kita tidak bergerak. Makanya kalau ada ide apa, langsung eksekusi, nanti kita akan belajar dari hasil yang sudah kita buat, kita akan tahu dimana kekurangan kita, kalau kebanyakan mikir diawal tidak jalan-jalan," pungkas Wisnu. 

Red/ Sholeh

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot