Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

11/09/2020

Secara Virtual, Presiden Resmi Serahkan 31 Tanah Wakaf dan Aset Pemkot Tegal

Tegal, Jendelaindo – Presiden Joko Widodo secara resmi menyerahkan satu juta sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di seluruh Indonesia. Untuk Kota Tegal diserahkan sebanyak 31 sertifikat yang terdiri dari 27 tanah wakaf dan sisanya tanah milik Pemkot. 

Penyerahan Sertifikat Tanah Untuk Rakyat dilakukan secara virtual dilaksanakan terpusat di Istana Negara. Sementara hadir mengikuti penyerahan sertifikat secara virtual di Ruang Adipura Kompleks Balaikota Tegal, Senin (9/10), Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono. \

Turut hadir Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari, Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi, Ketua DPRD Kota Tegal Kusnendro, Kepala Kantor Pertanahan Kota Tegal beserta  perwakilan masyarakat yang akan menerima secara simbolis sertifikat melalui program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap).

Dalam sambutannya Presiden Jokowi mengatakan bahwa sertifikat merupakan bukti hak yang menjamin kepastian hukum atas kepemilikan  tanah yang kita miliki. 

"Sangat penting untuk mencegah timbulnya sengketa, sangat penting untuk mencegah timbulnya konflik pertanahan, baik individu dengan individu, individu dengan perusahaan, indivudu dengan pemerintah, untuk menghindari itu. Karena sertifikat sangat penting sebagai bukti kepastian hukum saya berpesan simpan baik-baik sertifikat ini, jangan sampai rusak atau hilang," ujar Jokowi.

Sementara itu usai kegiatan secara virtual dengan Presiden, Kepala Kantor Pertanahan Kota Tegal Siyamto menyampaikan bahwa ada satu juta sertifikat yang merupakan sertifikat PTSL di seluruh Indonesia. “Target untuk 2020 dari 10 juta seluruh Indonesia bidang tanah diturunkan menjadi 7 juta bidang tanah  karena adanya pandemi Corona," ujarnya. 

Sedangkan untuk Kota Tegal sediri, Siyamto menjelaskan bahwa sesungguhnya kegiatan PTSL ini sudah dituntaskan pada akhir bulan Juni 

"Sudah kami tuntaskan dan sudah diserahkan oleh Walikota juga kepada 640 pemilik tanah, hari ini kita serahkan 27 bidang tanah wakaf, ada perkumpulan Nahdatul Ulama, ada perserikatan Muhammadiyah dan ada perkumpulan agama lain yang jumlahnya 27 ditambah serifikat instansi pemerintah, baik milik Pemerintah Kota atau Pemerintah Provinsi jadi jumlah totalnya untuk simbolis penyerahan di Kota Tegal hari ini ada 31 bidang," pungkas Siyamto.

Red/ Sholeh

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot