MAGETAN KEMBALI KE ZONA MERAH,POSITIF RATE COVID 19 CAPAI 24%


MAGETAN, Jendelaindo - Positif rate covid 19 capai 24 %, Bupati Magetan Suprawoto mengumumkan jika kondisi Magetansudah masuk zona merah. Positif rate yang mencapai 24 persen menurutnya dari 100 penduduk Magetan jika di sampling maka ada 25 orang diperkirakan terkena covid 19. Sementara pasien positif covid 19 yang meninggal hingga pertengahan Januari 2021  telah mencapai 66 pasien. “Menurut perhitungan kit aini zonanya sudah memasuki zona merah. Indikator yang meninggal ada 66 orang,” ujarnya melalui konpres di Pendopo Surya Graha Selasa (19/01/2021).


Kenaikan jumlah pasien covid 19 di RSUD Sayidiman  menurut Suprawoto juga mengalami peningkatan sejak Bulan Desember 2020 lalu. Tingginya angka kematian  pasien covid 19 dikarenakan warga yang dirujuk dan ditangani rumah sakit kebanyakan dalam kondisi yang sudah parah. “ Utamanya di unit gawat darurat ada trent kenaikan mulai Desember – Januari 2021,” imbuhnya.


Untuk mencegah trent kenaikan pasien covid 19 pemerintah Kabupaten Magetan akan meningkatkan Rasio warga yang akan melakukan swab PCR. Pemkab Magetan juga akan menambah jumlah ruang isolasi di RSUD Sayidiman dan sejumlah puskesmas serta  peningkatan swab PCR di RSUD Sayidiman, Labkesda dan RS TNI AU Isawahjudi. “Kita akan meningkatkan rasio untuk pemeriksaan melalui PCR, yaitu 1 dibanding 10,” ucapnya.

Terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat PPKM pemerintah daerah masih akan melakukan pembahasan lebih lanjut. Pemerintah daerah masnih  menunggu pembahasan perubahan perda yang akan dilakukan oleh DPRD Magetan. “Kebetulan kita akan ada perubahan perda, dan ini (item pemberlakuan PPKM) akan dimasukan iten itu termasuk sanksi dan seterusnya,” katanya.

Wartawan : Aris

Lebih baru Lebih lama