JENDELAINDO NEWS UPDATE // Pandangan Fraksi PAN : Pemkot Tegal Kurang Pengawasan Terhadap Perusahaan Nakal # Polres Metro Jakarta Pusat Bongkar Home Industry Ineks Palsu di Johar Baru # 41 Jenazah Korban Kebakaran Lapas Tangerang Teridentifikasi, Operasi DVI Polri Berakhir # APenyidik Evaluasi Bukti dan Keterangan Saksi Kebakaran Lapas Tangerang # Sindikat Skimming ATM, Pelaku Dua Orang WNA # DPD PDIP Laporkan Hersubeno ke Polda Metro Terkait Penyebaran Hoaks Megawati Koma # Komplotan Penggelapan 40 Mobil di Depok Berhasil Diamankan # Selain Kalapas, Penyidik Juga Periksa 6 Orang Terkait Kebakaran Lapas # Polda Metro Jaya Lakukan Pemeriksaan Terhadap Kalapas Tangerang # Polisi Bekuk 6 Pengeroyok Sekeluarga di Bekasi, Motifnya Utang Piutang # Ayu Ting Ting Dicecar 15 Pertanyaan Terkait Kasus Dugaan Penghinaan # Polda Metro Jaya Teliti Laporan Henry Yosodiningrat Soal Kabar Hoaks Megawati Wafat # Densus 88 Antiteror Polri Dalami Informasi Teror dari Kemenlu Jepang # Swab Antigen Gratis Bagi CASN dan PPPK di Gayo Lues # Safari Ke Kota Banjar, Ridwan Kamil: Vaksinasi Disini Luar Biasa Tertinggi di Jawa Barat

Idza : Tanpa Peran Pers, Informasi Pembangunan Tidak Sampai Ke Masyarakat


Brebes,Jendelaindo - 
Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH menaruh harapan besar kepada Pers untuk mewujudkan suksesnya pembangunan nasional. Sebab, tanpa peran pers, informasi pembangunan tidak akan sampai kepada masyarakat. Pers juga memiliki fungsi kontrol dalam pelaksanaan pembangunan sehingga berjalan sesuai dengan koridor yang ditetapkan.

“Tanpa kalian semua, informasi pembangunan tidak akan sampai kepada masyarakat,” ucap Bupati saat temu muka dengan wartawan liputan Kabupaten Brebes dalam rangka tasyakuran peringatan Hari Pers Nasional (HPN) dan HUT Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke-75 di Desa Kaligangsa Kulon, Selasa (9/2).

Dinamika pembangunan apapun, lanjutnya, tanpa diberitakan oleh insan pers maka hanya sekadar pembangunan yang tidak memiliki ruh semangat kebangsaan. Untuk itu, perlu sinergi yang kuat antara Pers dan Pemerintah, khususnya Pemerintah Kabupaten Brebes.

Kata Idza, selama ini jalinan kemitraan antara Pemkab Brebes dengan Pers telah terbangun dengan baik. Untuk itu, perlu dilanjutkan dan dikembangkan dengan tetap mengindahkan Undang-undang nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. 

Mantan Wartawan Senior Wahidin Soedja mengaku gembira di masa Pandemi, Pers telah berkontribusi nyata turut menyebarkan informasi positif tentang Covid-19. Sehingga informasi hoaks bisa ditangkal dengan pemberitaan yang disuguhkan oleh insan pers dengan data dan fakta yang valid.

Menurut Weha, demikian sapaan akrabnya, wartawan era digital makin dipermudah karena dibantu kemajuan teknologi informasi. Namun tantangannya juga makin tidak ringan karena  masyarakat juga menjadi netizen journalisme dan merebaknya hoaks melalui media sosial. 

“Jaman saya awal-awal wartawan, untuk mengirim sebuah gambar ke Semarang saja harus melalui proses cetak foto dulu, kemudian dikirim lewat pos atau dititipkan ke masinis,” ungkap Weha yang juga mantan Wartawan Suara Merdeka.

Peringatan HPN dan HUT PWI 2021 Kabupaten Brebes digelar secara sederhana yang digawangi Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Dinkominfotik) Kabupaten Brebes. Sebagai tanda syukur, Bupati Brebes Hj Idza Priyanti memotong kue tar dan diserahkan kepada Ketua PWI Brebes Eko Saputro dan mantan Wartawan Wahidin Soedja.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut, Suami Bupati AKBP Drs Warsidin MH, Asisten I Sekda Apriyanto Sudarmoko, Asisten II Tetty Yulianti dan Asisten III Sugihyarti dan Kepala Dinkominfotik Brebes Tatag Koes Adianto. 


Wartawan : Krisna
Lebih baru Lebih lama