JENDELAINDO NEWS UPDATE // Pandangan Fraksi PAN : Pemkot Tegal Kurang Pengawasan Terhadap Perusahaan Nakal # Polres Metro Jakarta Pusat Bongkar Home Industry Ineks Palsu di Johar Baru # 41 Jenazah Korban Kebakaran Lapas Tangerang Teridentifikasi, Operasi DVI Polri Berakhir # APenyidik Evaluasi Bukti dan Keterangan Saksi Kebakaran Lapas Tangerang # Sindikat Skimming ATM, Pelaku Dua Orang WNA # DPD PDIP Laporkan Hersubeno ke Polda Metro Terkait Penyebaran Hoaks Megawati Koma # Komplotan Penggelapan 40 Mobil di Depok Berhasil Diamankan # Selain Kalapas, Penyidik Juga Periksa 6 Orang Terkait Kebakaran Lapas # Polda Metro Jaya Lakukan Pemeriksaan Terhadap Kalapas Tangerang # Polisi Bekuk 6 Pengeroyok Sekeluarga di Bekasi, Motifnya Utang Piutang # Ayu Ting Ting Dicecar 15 Pertanyaan Terkait Kasus Dugaan Penghinaan # Polda Metro Jaya Teliti Laporan Henry Yosodiningrat Soal Kabar Hoaks Megawati Wafat # Densus 88 Antiteror Polri Dalami Informasi Teror dari Kemenlu Jepang # Swab Antigen Gratis Bagi CASN dan PPPK di Gayo Lues # Safari Ke Kota Banjar, Ridwan Kamil: Vaksinasi Disini Luar Biasa Tertinggi di Jawa Barat

Tilang Elektronik Resmi Diberlakukan di Kabupaten Purbalingga

 


Purbalingga, Jendelaindo - Tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) secara resmi diberlakukan di wilayah Kabupaten Purbalingga. Hal itu setelah peluncuran secara nasional oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo di ruang National Traffic Management Center (NTMC) Korlantas Mabes Polri Jakarta, Selasa (23/3/2021). 

Kasat Lantas Polres Purbalingga AKP Fadli mengatakan hari ini tilang elektronik atau ETLE dilaunching oleh Kapolri. Ini menandakan penindakan tilang elektronik resmi diberlakukan termasuk di wilayah Kabupaten Purbalingga. 

Di wilayah Kabupaten Purbalingga pemasangan CCTV ETLE sementara ada di dua lokasi yaitu Simpang Empat Patung Jenderal Soedirman dan Simpang Empat Sirongge. Kedepan secara bertahap akan ditambah junlahnya sesuai dengan kebutuhan.

"Selain kamera pengawas yang telah terpasang, disiapkan juga kamera pengawas yang di pasang di helm petugas patroli dari Satlantas. Fungsinya sama untuk mendeteksi pelanggaran lalu lintas," ucap Kasat Lantas usai mengikuti launching ETLE secara virtual di ruang TMC Satlantas Polres Purbalingga. 

Dijelaskan Kasat Lantas bahwa kamera pengawas yang dipasang untuk ETLE dapat mendeteksi 10 pelanggaran. Pelanggaran tersebut antara lain terkait Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL), marka jalan, jalur ganjil genap, sabuk pengaman, penggunaan ponsel, batas kecepatan, melawan arus, penggunaan helm, pembatasan kendaraan bermotor dan keabsahan STNK. 

"Dengan adanya tilang elektronik ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas, selain itu dapat menghindari kontak langsung antara pelanggar dan petugas sehingga meminimalisir penyebaran Covid-19 dimasa pandemi ini," katanya.

(Humas/Red/Tim)
Lebih baru Lebih lama