Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

7/25/2021

Karhutla Kecamatan Pintu Rime Gayo Berhasil Dipadamkan Petugas

 


Gayo Aceh, Jendelaindo - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh, berhasil dipadamkan petugas. Peristiwa ini berlangsung pada Minggu dini hari (25/7), pukul 00.15 WIB. Lokasi lahan terdampak berada di Km 36 kecamatan itu.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bener Meriah melaporkan pihaknya menurunkan 2 unit armada mobil kebakaran Posdam 4 Pintu Rime Gayo dan Posdam 3 Singah Mulo. Api berhasil dipadamkan setelah melakukan tiga jam pemadaman di lokasi. Pemadaman dilanjutkan dengan pendinginan sehingga bara api sepenuhnya padam.

BPBD setempat juga melakukan pemantauan kondisi di wilayah kabupaten dengan memanfaatkan tim reaksi cepat (TRC) yang berada di lapangan maupun mitra-mitra terkait, termasuk dari penduduk. 

Penyebab terjadinya kebakaran ini masih dalam proses penyelidikan oleh pihak berwenang. Estimasi dampak karhutla seluas 5 hektar. BPBD tidak merinci lebih lanjut jenis lahan yang terbakar, lahan mineral atau pun gambut. 

Selama periode 1 Januari hingga 30 Juni 2021, akumulasi sementara luas karhutla di wilayah Aceh mencapai 564 hektar, dengan rincian pada lahan gambut 304 hektar dan mineral 260. Sedangkan pada periode Juni 2021, luast karhutla mencapai 25 hektar, yang diidentifikasi pada lahan mineral.

Sehubungan potensi karhulta di bulan Agustus – Oktober 2021, BNPB telah meminta BPBD provinsi untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan pencegahan. Salah satunya upaya yang dapat dilakukan dengan melakukan pemantauan dan peninjauan Bersama dinas-dinas terkait untuk mengantisipasi dan menangani potensi karhutla sejak dini.


Editor : Arief Ferdianto

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot