Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sunday, September 5, 2021

KPK Geledah Sel Tahanan Bupati Banjarnegara Ada Apa?


Jakarta, Jendelaindo - Petugas dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah kamar tahanan Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, di Rutan KPK Gedung KPK Jalan HR Rasuna Said Kavling C1 Jakarta setelah mendengar kabar jika akun Instagram milik Budhi membuat unggahan pada Sabtu (4/9/2021).


"KPK pun langsung melakukan penggeledahan, langsung dilakukan penggeledahan di kamar tahanan tersebut dan tidak ditemukan peralatan komunikasi Handphone atau lainya," ujar Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, dalam konferensi pers, Sabtu sore.


Ali mengemukakan, saat ruangan digeledah, Budhi mengaku dirinya tidak bisa menggunakan media sosial. Karena itu, Ali mengatakan, bisa jadi unggahan di akun Instagram milik Budhi diunggah pihak lain, bukan diunggah langsung oleh Budhi.


"Terkait dengan postingan dimaksud, bisa dimungkinkan dilakukan oleh pihak lain karena sekali lagi, tersangkanya sendiri menyatakan tidak bisa menggunakan media sosial," ujar Ali.


Ali menegaskan, seluruh tahanan di KPK dilarang membawa dan menggunakan alat komunikasi, sesuai prosedur dan aturan terkait pengelolaan rumah tahanan.


Ali menambahkan, KPK secara rutin memeriksa setiap tahanan yang ada di KPK dengan detil selama 1x24 jam melalui kamera pengawas.


Sebelumnya, akun Instagram @budhisarwono mengunggah foto Budhi disertai keterangan berisi pernyataan Budhi menenggapi penetapannya sebagai tersangka oleh KPK.


Budhi ditahan KPK sejak Jumat kemarin setelah ia ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi terkait pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.


Budhi diduga menerima commitment fee atas berbagai pekerjaan proyek infrastruktur di Kabupaten Banjarnegara sekitar Rp 2,1 miliar.


Ia juga diduga berperan aktif dengan ikut langsung dalam pelaksanaan pelelangan pekerjaan infrastruktur, di antaranya membagi paket pekerjaan di Dinas PUPR, mengikutsertakan perusahaan milik keluarganya, dan mengatur pemenang lelang.


Selain Budhi, KPK juga menetapkan orang kepercayaan Budhi, Kedy Afandi, sebagai tersangka dalam kasus itu.


Editor : Arief Ferdianto

Red/Jendelaindo News

News Update

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman