Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

10/08/2021

Masuki Musim Penghujan, DPRD Kabupaten Tegal Minta Masyarakat Waspada Banjir dan Tanah Longsor

Tegal,Jendelaindo - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Tegal H. bahrun , mengajak masyarakat Kabupaten Tegal terutama wilayah pantura yang menjadi rawan bencana alam agar selalu siaga bencana dan waspada.

H.Bahrun menyampaikan, kepada masyarakat Kabupaten Tegal terutama di wilayah yang rawan bencana alam untuk selalu waspada dan berhati-hati karena Bulan ini sudah masuk musim hujan.
Biasanya musim hujan akan terjadi mulai Oktober hingga awal tahun,” ujarnya.

Karena itu, masyarakat harus waspada dan mengantisipasi terjadinya bencana alam. Antisipasi itu dapat dilakukan dengan kerja bakti, membersihkan saluran air atau sungai. Sehingga air dapat mengalir lancar dan tidak tersumbat yang mengakibatkan banjir. Jika air tidak lancar, dikhawatirkan air meluap ke permukiman warga.

“Bencana banjir biasanya terjadi di wilayah pantura. Yaitu, Kecamatan Kramat, Suradadi dan Warureja. Maka dari itu, masyarakat harus rajin membersihkan saluran air,” katanya.

Sedangkan untuk tanah longsor, tambah Haji Bakhrun, biasanya terjadi di wilayah selatan, seperti Kecamatan Bumijawa, Bojong, Pangkah dan Jatinegara. Masyarakat yang bermukim di perbukitan, diminta untuk waspada. Jika terjadi bencana, segera melapor ke instansi terkait.

Baik pemerintah desa, Polsek, Koramil maupun tim relawan yang berada di desa.
Data dari PMI, ada 15 kecamatan di Kabupaten Tegal yang rawan dilanda bencana.

Ketika terjadi musim penghujan, Lanjut H. Bahrun, ia menghimbau kepada seluruh masyarakat pada saat melakukan perjalanan hendaknya menghindari wilayah yang rawan bencana alam (banjir dan tanah longsor).

Kita ingatkan satu dengan yang lain, dan mari kita hindari wilayah yang rawan bencana alam ketika hujan intensitas tinggi,” Terangnya

Ia mengungkapkan, bahwa masyarakat harus lebih berhati-hati karena saat ini cuaca tidak menentu, baik itu terjadi hujan ataupun tidak terjadi hujan. Oleh karenanya, masyarakat selalu waspada ketika berada di luar rumah.

“Hindari lokasi yang rawan tanah longsor, dan hindari wilayah yang rawan banjir ketika melakukan perjalanan,” tutupnya.

Red/Sholeh

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot