Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

10/06/2022

Hari Apoter Dunia 2022, Pengurus Cabang IAI Banjarnegara Ikut Bersinergi

Banjarnegara, Jendelaindo - Memeriahkan Hari Apoteker Dunia tahun 2022, Pengurus Cabang IAI Banjarnegara ikut bersinergi dengan agenda kegiatan RSUD Hj. Anna  Lasmana dalam kegiatan bakti sosial kemasyarakatan.

Kegiatan yang dijadwalkan, berlangsung pada Kamis 29 September 2022 di Desa Bondolharjo, Kecamatan Punggelan dan Kamis 6 Oktober 2022 di GOR Desa Wanareja, Kecamatan Wanayasa , Banjarnegara. 
Menurut Asrinah, S.SiT, M.Kes selaku penanggung jawab kegiatan dari RSUD Hj. Anna Lasmana, kegiatan tsb merupakan kegiatan dari kabupaten dengan leading sektor Baperlitbang yg dibagi pelaksanaannya ke tiap OPD dalam percepatan pengentasan kemiskinan, dengan jenis kegiatan berupa penyuluhan kesehatan tentang kasus stunting dan wasting dengan pengukuran kembali balita yang terindikasi stunting oleh, pemeriksaan kesehatan, konsultasi, dan pengobatan, serta promosi pelayanan RSUD Hj. Anna Lasmana ke masyarakat.

“Kami berterimakasih kepada IAI Banjarnegara yang sudah bersedia ikut berkolaborasi dalam kegiatan ini”lanjutnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, RSUD Hj Anna Lasmanah menyerahkan bantuan berupa antropometri 7 unit untuk 7 posyandu, timbangan injak, stimulan PMT yang diserahkan kepada kader. Kegiatan pendampingan juga dilakukan dengan kelas ibu dengan anak terindikasi stunting dengan pembucara dr. Febri SpGK dan di tindaklanjuti dengan pengukuran kembali serta pemeriksaan kesehatan balita stunting oleh dr. Diah Perwitasari SpA. 

Peserta pengobatan gratis dari kuota 100 melonjak menjadi 160 an dimulai dengan skrining oleh petugas, cek tekanan darah, pemeriksaan oleh dr. Danu dan dr. Ibnu Kharisman. Jika dianggap perlu diagnosa ditegakkan dng penunjang pemeriksaan laboratorium sederhana. Dilanjutkan pelayanan obat yang diresepkan dokter kepada para apoteker yang tergabung dalam ATB IAI Banjarnegara, berupa skrining, penyiapan hingga konseling tentang obat kepada para pasien.

Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat IAI Banjarnegara, Adib Lazuardi mengatakan agenda kolaborasi dengan RSUD Hj. Anna Lasmana sudah terlaksana hari kamis 29 september 2022 bertempat di balai desa bondolharjo, kecamatan punggelan, dan hari kamis tanggal 6 Oktober 2022 bertempat di GOR desa wanareja, kecamatan Wanayasa. “Alhamdulillah antusias masyarakat Bondolharjo dan wanareja sangat tinggi, kegiatan dimulai dari pagi dan selesai sore hari, dan terlayani 161 orang warga Bondolharjo dan 98 orang warga Wanareja dalam acara pemeriksaan kesehatan dan pengobatan. ” Ungkapnya. 
“ Kegiatan kami adalah bagian kecil dari agenda organisasi IAI di seluruh Indonesia yang sedang serentak bersama – sama dalam memeriahkan Hari Apoteker Sedunia tahun 2022 ini, dan kami bersemangat dalam bersinergi dengan berbagai pihak dalam kegiatan sosial melayani masyarakat secara profesional. Dalam kegiatan ini dan kedepannya kami akan selalu sosialisasi dukungan tentang Rancangan Undang- undang Praktek Apoteker. 
RUU Kefarmasian sudah masuk prolegnas prioritas tahun 2022 nomer 18.  Dan sudah masuk  dalam Daftar Program Leglislasi Nasional Rancangan Undang-undang Perubahan Keempat tahun 2020-2024, dengan di usulkan untuk disesuaikan judulnya menjadi Rancangan Undang-undang Praktek Apoteker (Usul Aggota)” Lanjutnya .

“Semoga perubahan RUU tsb tidak hanya sebatas judulnya saja tetapi konten isi pembahasannya juga sesuai RUU Praktek Apoteker yang di usulkan pengusul apoteker Chairul Anwar” lanjutnya.Red

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot