Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

7/05/2024

Peringati Hari Keluarga Nasional, PJ Bupati Banjarnegara Sampaikan Hal ini

Banjarnegara, Jendelaindo - Pembangunan bangsa hendaknya diawali dari pembangunan keluarga. Apabila keluarga berhasil menyiapkan generasi yang sehat, berpendidikan, dan berkarakter baik, maka ada jaminan masa depan bangsa akan lebih baik.

Hal tersebut disampaikan oleh Pj Bupati Banjarnegara, Muhamad Masrofi saat Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2024  di Alun-alun, Jumat (5/7).

"Keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang mempunyai peran yang sangat besar dalam kehidupan berbangsa. Keluarga paling tidak memiliki delapan fungsi strategis, yaitu fungsi agama, sosial budaya, cinta kasih, melindungi, reproduksi, pendidikan, ekonomi dan fungsi pembinaan lingkungan," kata Masrofi

Selanjutnya ia mengatakan, Salah satu tantangan pembangunan keluarga adalah masih tingginya angka stunting. Pada Tahun 2023 angka stunting Kabupaten Banjarnegara, berdasarkan hasil SKI (Survei Kesehatan Indonesia) sebesar 19,9% dan elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM) sebesar 17,5%. Angka ini menurun dibanding tahun-tahun sebelumnya dari 26% (SSGI) dan 23,7% (EPPGBM) pada Tahun 2019. 

"Adapun prestasi yang lain, dalam implementasi Audit Kasus stunting (AKS) untuk 5 Pasti (Aksi Pasti) Alhamdulillah Kabupaten Banjarnegara menjadi Terbaik II Tingkat Nasional," tuturnya

Terkait peringatan Harganas, Pj Bupati Masrofi berharap momentum ini mampu menjadi daya ungkit dalam menyatukan gerak dan langkah untuk membentuk keluarga yang berkualitas. Karena keluarga merupakan penentu dan kunci dari kemajuan suatu bangsa.

“Selamat Hari Keluarga Nasional, mari kita bersama-sama dan bergotong royong mewujudkan keluarga berkualitas menuju Indonesia emas," tutupnya. 

Dalam peringatan Harganas kali ini juga dilaksanakam senam bersama, kemudian penyerahan bantuan jambanisasi dari Baznas Banjarnegara untuk Kecamatan Purwanegara dan Banjarnegara. Selain itu juga ada pemberian hadiah bagi para pemenang Lomba Puskesmas Pelayanan KB MKJP (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang) serta Lomba Akseptor KB Lestari.

(fwb/fdf)

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot