Dalam Waktu Dekat, PKL Alun Alun dan Taman Pancasila Siap Direlokasi


Tegal, Jendelaindo - Dalam waktu seminggu ini Pedagang Kaki Lima ( PKL) yang berada di bundaran Alun Alun Kota Tegal, Jawa Tengah, bakal direlokasi ke tempat baru yang lokasinya di sebelah Utara Kantor BRI Cabang. Nasib yang sama juga berlaku bagi PKL sepanjang Jalan Pancasila dan seputaran Taman Pancasila.

Hal itu ditegaskan Kepala Bidang Pasar Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Tegal, Maman Suherman, di kantornya Rabu ( 12/8) siang.


Menurut Maman, relokasi PKL itu dikarenakan di lokasi PKL saat ini akan ada pembangunan revitalisasi Alun Alun, pembangunan Taman Pancasila dan proyek sepanjang Jalan Pancasila.

Maman menjelaskan, lahan baru yang akan ditempati bersifat sementara dan lahan itu milik salah seorang warga. Sedangkan kapasitas lahan dipersiapkan untuk menampung sekitar 200 PKL.

" Saat ini di lahan baru yang akan ditempati PKL masih dalam proses pemadatan , diperkirakan dalam seminggu ini selesai, jadi siap siap saja untuk segera pindah," kata Maman.

Masih menurut Maman, sedangkan untuk PKL di kanan kiri Jalan Pancasila dipersiapkan relokasinya ke lokasi pasar malam yang berada di lahan milik PT KAI.

" Jadi nanti semua PKL bundaran Alun Alun yang terdaftar di Dinas Perdagangan dan 12 PKL seputaran Taman Pancasila akan direlokasi ke tempat baru. Luasan lapak masing masing 2 x 2 meter per segi, lahan ini disewa Pemkot Tegal Rp 15 juta per bulan untuk masa 2 tahun, "kata Maman.

Maman menambahkan, sebenarnya lahan pengganti lokasi PKL yang direncanakan permanen dan bakal menjadi kawasan Pujasera berada di sebelah timur dinding Balaikota Tegal. Lahan tersebut adalah milik BUMD Provinsi, PT Citra Mandiri Jawa Tengah. Akan tetapi hingga saat ini prosesnya masih berlangsung seiring dengan pembahasan Raperda RTRW.

Saat ditanyakan mengapa hanya 12 PKL seputaran Taman Pancasila yang akan direlokasi, padahal berdasarkan data di organisasi Orpeta yang dipimpin oleh Edi Kurniawan jumlahnya sekitar 90 PKL, Maman hanya mengatakan bahwa ke 12 PKL yang dimaksudkan adalah yang mendukung kebijakan program Walikota, lainnya tidak.

" 12 PKL itu saja yang kami prioritaskan karena mereka mendukung penuh program dan kebijakan Pak Wali," tandas Maman.

Saat hal itu dikonfirmasikan kepada Ketua Organisasi Pedagang Taman Pancasila / Taman Poci ( Orpeta), Edi Kurniawan atau yang akrab disapa Edi Bongkar mengatakan, dulu Pemkot pernah menjanjikan agar seluruh PKL yang tergabung di dalam Orpeta akan direlokasikan ke lahan kosong di sebelah utara BRI.

" Kami sudah kooperatif kepada pemerintah agar kami direlokasi karena kesadaran akan ada pembangunan taman, namun sampai hari ini belum ada realisasi," kata Edi.

Red/Jendelaindo
Lebih baru Lebih lama