Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

8/13/2020

Kasdam IV/Diponegoro Melakukan Riksiap Ops Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 407/PK


Tegal, Jendelaindo - Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI  Widi Prasetijono mengunjungi Satuan Yonif 407/Padmakusuma dalam rangka pemeriksaan kesiapan operasi (Riksiap Ops) Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 407/PK yang akan melaksanakan pengamanan perbatasan di wilayah Kalimantan Barat. Kegiatan Riksiap Ops dilaksanakan di Lapangan Mako Yonif 407/PK, Kamis (13/08/20)

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Danrem 071/Wk Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, S.I.P., Asops Kaasdam IV/Dip Kolonel Djarot Suharso, S.I.P., Danbrigif -4/DR Kolonel Inf Endar Setyanto, Kapaldam IV/Dip, Kakesdam IV/Dip, Kazidam IV/Dip, Kapendam IV/Dip, Kahubdam IV/Dip, Waaster Kasdam IV/Dip, Waaslog Kasdam IV/Dip, Katopdam IV/Dip, Kabekangdam IV/Dip, Kabintaldam IV/Dip, Kakunmdam IV/Dip, Dandim 0712/Tegal dan para Kasi Brigif -4/DR.

Dalam rangkaian kegiatan Riksiap Ops Satgas Pamtas tersebut, bertempat di ruang Yudha Mako Yonif 407/PK, Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI  Widi Prasetijono beserta para asisten dan Kabalak menerima paparan kesiapan operasi Satgas Pamtas dari Komandan Yonif 407/PK selaku Dansatgas Pamtas RI-Malaysia di wilayah Kalimantan Barat.

Dengan didampingi Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 407/PK Mayor Inf Catur Irawan, S.I.P., Kasdam IV/Dip beserta rombongan memeriksa secara keseluruhan kesiapan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 407/PK. Pemeriksaan dimulai dari kesiapan bidang Intelijen, bidang Operasi, bidang Minlog, Alkom, Alkes dan obat-obatan, sarana dan prasarana bidang Teritorial, kelengkapan (protap) dan kesiapan prajurit serta kendaraan dinas (Ambulance, Strada dan Truck) yang akan dibawa ke medan tugas.

Selanjutnya, bertempat di Aula Kapten Damhuri Amir Yonif 407/PK, Kasdam IV/Diponegoro memberikan pengarahan kepada seluruh Danpos Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 407/PK. Brigjen TNI Widi Prasetijono berbagi pengalaman tugas pengamanan di daerah perbatasan maupun daerah rawan. Hal tersebut dimaksudkan untuk memberikan motifasi dan semangat bagi prajurit Yonif 407/PK yang akan melaksanakan tugas pengamanan RI-Malaysia di wilayah Kalimantan Barat.

Lebih lanjut Kasdam menyampaikan bahwa tidak lama lagi Yonif 407/Padmakusuma akan berangkat melaksanakan tugas pengamanan perbatasan di daerah Kalimantan Barat. “Saya diperintahkan oleh Pangdam IV/Diponegoro untuk melaksanakan pengecekan kesiapan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 407/Padmakusuma, ungkapnya.

“Semua prajurit harus bergembira untuk melaksanakan tugas, karena tugas sekarang jauh lebih mudah dan ringan daripada tugas dulu. Disamping itu, untuk dukungan Satgas sekarang sudah semakin lengkap. Untuk dukungan bekal makanan juga semakin baik dibandingkan penugasan yang dulu, “ jelasnya.

Kasdam berharap, semua prajurit Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 407/PK harus menguasai adat-sitiadat budaya kita di daerah sana. Di daerah penugasan dominan dengan suku Dayak sebagai masyarakat asli dari Kalimantan Barat tersebut. Prajurit harus menghormati adat-istiadat disana, di tempat penugasan untuk hukum adat masih tinggi, sehingga sangat ditekankan untuk tidak melakukan pelanggaran, karena selain hukum negara juga dapat terkena hukum adat. 

“Kemudian, yang tidak kalah pentingnya kita harus bisa membina masyarakat, harus baik-baik dengan masyarakat, jangan sampai masyarakat di daerah perbatasan ini mengibarkan bendera Malaysia tetapi wilayah tinggalnya di Indonesia. Kuasai kegiatan-kegiatan yang bersifat menjaga penugasan bersama antara kita dan tentara Malayasia, bagaimana dalam menjaga perbatasan. Tidak boleh berbuat pelanggaran dan menyakiti hati rakyat,” begitu pungkasnya.

Red/Jendelaindo

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot