147 Warga Desa Ruan Menerima Bantuan Sosial Beras, Sebastianus Jangga: Terima Kasih Kementrian Sosial.



Manggarai timur/NTT, Jendelaindo -  BSB (Bantuan Sosial Beras) merupakan salah satu program jaring pengamanan sosial yang dilakukan pemerintah dalam rangka penanganan dampak pamdemi covid 19. 

Informasi yang diperoleh sasaran BSB menurut juknis bantuan beras nomor 322 tahun 2020 adalah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH aktif pada bulan Juli 2020. 

Melalui Via telpon seluler, Sebastianus Jangga, Kepala desa Ruan kecamatan kota komba kabupaten Manggarai timur(05/10) mengatakan bahwa selaku pemerintah desa sangat senang, lantaran Kata dia, 147 penerima bantuan sosial beras(BSB) pada masa pandemi cofid-19.

" Hal yang sangat tak terduga sebelumnya. Saya sangat lega jadinya, pasalnya semua warga desa dapa bagian dan sama rata, Ujar Sebastian bergembira.

Lanjut Ia mengatakan , Kehadiran BSB bagi desa Ruang sangat membantu warga penerima manfaat. Sehingga, Kata Dia, Semua masyarakat mendapatkan bantuan, baik berupa BLT maupun bansos atau BSB, tandas Sebastian. 

Dikatakannya, total keluarga penerima manfaat dari desanya sebanyak 147, dengan masing masing mendapatkan 15 kilo gram per bulan selama 3 bulan. Untuk hari ini (05/10) pembagian untuk dua bulan yakni bulan Agustus dan September, Tandasnya.

" Hari ini kita telah membagikan kepada masyarakat, berpusat di tiga titik yaitu dusun podol, dusun gurung dan dusun Pau", akunya.

Proses pembagian bantuan juga telah mengikuti dan mematuhi protokol kesehatan, menggunakan masker, dan mencuci tangan, tambah Sebastian.


Adapun bantuan kepada warga desa Ruan, Yakni bantuan langsung tunai dana desa dibagikan kepada 256 kepala keluarga, bantuan sosial provinsi 146 kepala keluarga, dan 20 kepala keluarga yang lainnya telah direkomendasikan melalui bantuan sosial dari kabupaten.

" Terima kasih kementrian, warga saya semuanya dapat bantuan," Tutup San.

Terpisah, Efrem Dianto, ketua kordinator PKH kabupaten Manggarai timur, dalam pesan via  wharsappnya menuliskan bahwa Bantuan sosial Beras (BSB) PKH adalah salah satu langkah strategis pemerintah Pusat melalui Kementrian Sosial RI untuk menangantisipasi dampak dari pendemi covid-19 bagi masyarakat prioritas penerima BSB adalah penerima PKH.

 Data rujukan untuk penerima PKH adalah data bayar bulan Juli tahun 2020. 

"Untuk manggarai Timur, jumlah penerima BSB sebanyak 23. 851 selama 3 bulan dari agustus-oktober dengan jumlah beras yang diterima sebanyak 15 kilo gram per bulan, sehingga totoal terima dalam 3 bulan sebanyak 45 kilo gram," ungkap Efrem.

Penyaluran BSB di Kota Komba berlangsung selama 4 hari untuk beras 2 bulan. Dalam proses penyaluran beras tetap memperhatikan protokol kesehatan, tutup Efrem.

Wartawan : Iren
Lebih baru Lebih lama