Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

10/06/2020

Kehilangan Prajuritnya, Kodim 0703/Cilacap Gelar Upacara Pemakaman Militer Almarhum Serma Darmanto

Cilacap, Jendelaindo - Kodim 0703/Cilacap kembali kehilangan salah satu orang prajurit terbaiknya. Pada hari Selasa (6/10/2020) sekitar pukul 04.56 WIB, Serma Darmanto, Babinsa Karangtalun  Koramil 18/Cilacap Utara menghembuskan nafas terakhirnya di RS Islam Fatimah Cilacap. 


Penghormatan terakhir, Kodim 0703/Cilacap menggelar upacara pemakaman secara militer. Setelah di sholatkan di Musholla Miftakhul Jannah dilakukan upacara persemayaman di rumah duka di Jl. Nusantara RT 03/III Kelurahan Karangtalun Cilacap Utara yang dipimpin Kasdim 0703/Cilacap Mayor Inf. Drs. Abdul Asis Lallo dilanjutkan upacara pemakaman militer di TPU Congot Kelurahan Gumilir Kecamatan Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap, Selasa (6/10/2020).


Pejabat prosesi upacara pemakaman Inspektur upacara Kasdim 0703/Cilacap  Mayor Inf. Drs. Abdul Asis Lallo dengan Komandan upacara Danramil 18/Cilacap Utara Kapten Inf. Joko Yunanto, Perwira upacara Pasipers Kapten CPM Agus Santosi dan diikuti 2 SST personel Kodim 0703/Cilacap, 1 SST personel Lanal dan 1 SST personel Polres Cilacap. 


Dalam amanat yang dibacakan Inspektur Upacara, Komandan Kodim 0703/Cilacap menyampaikan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya Almarhum dan mengajak kepada yang hadir untuk bersama sama memanjatkan doa kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, Semoga segala kesalahan dan kekhilafan serta dosa almarhum dapat diampuni dan amal baktinya diterima disisi Tuhan Yang Maha Esa.


"Pada kesempatan ini kami juga

menyampaikan penghargaan serta

ucapan terima kasih yang setinggi-

tingginya kepada semua pihak yang

telah memberikan bantuan baik moril

maupun materil, sehingga upacara persemayaman ini dapat berjalan

dengan tertib dan lancar. Kemudian dengan diserahkannya Jenazah Almarhum dari pihak Keluarga kepada Pemerintah, maka untuk selanjutnya jenazah almarhum akan diberangkatkan ke Tempat Pemakaman Umum Congot Kelurahan Gumilir Kecamatan Cilacap Utara. Kabupaten cilacap, untuk dimakamkan secara Militer.


Selepas upacara militer, Kasdim Mayor Inf Abdul Asis Lallo mengungkapkan, upacara kebesaran ini dilaksanakan sebagai penghormatan dan penghargaan pemerintah atas jasa, darma bakti dan pengabdian almarhum kepada negara dan bangsa semasa hidupnya. 


"Kepergian almarhum sungguh sangat mengejutkan, kita semua telah kehilangan anak bangsa terbaik yang selalu memegang teguh prinsip prinsip perjuangan, setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia dan telah bekerja keras dalam mengemban tugas negara yang menjadi tanggung jawabnya. Semangat pengabdian semasa hidupnya hendaknya menjadi contoh dan suri tauladan bagi kita semua dalam melanjutkan pengabdian kepada negara dan bangsa," Ungkapnya


Perasaan kehilangan juga datang dari rekan sejawat maupun para personil Kodim 0703/Cilacap. Mereka turut serta mengantar pemakaman, pria kelahiran Cilacap 18 Maret 1973. Almarhum meninggalkan seorang isteri dan 2 orang anak. Diakhir kegiatan, sebagai wujud perhatian dari Satuan, Kasdim memberikan tali asih kepada keluarga Almarhum Serma Darmanto yang diterima oleh isteri Almarhum. 

Red / Sholeh 

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot