Pasien Positif Covid 19 Kota Tegal Meningkat, Muncul 3 Kluster Baru


Tegal, Jendelaindo - Jumlah pasien terkonfirmasi positif covid 19 berdasarkan di Kota Tegal, Jawa Tengah mengalami peningkatan. Berdasarkan data, ada 205 orang dan dinyatakan sembuh 120 orang. 

Hal itu disampaikan Wakil Walikota Tegal, Mohammad Jumadi S.T, M.M dalam jumpa pers di kantornya, Rabu (7/10) pagi.

Menurut Jumadi, hampir semua pasien terkonfirmasi positif itu adalah Orang Tanpa Gejala ( OTG) dari 3 Kluster aktif yaitu kluster Bus, kluster keluarga dan kluster hotel.

" Kita sudah melakukan swab terhadap 3 banding 1000 orang, ini lebih tinggi dari standar WHO. Kami juga melakukan tracking secara masif," kata Jumadi.

Lebih jauh Jumadi mengemukakan, untuk kluster Bus, yaitu adanya sejumlah guru dan Kepala Sekolah  SD  sepulang dari  melakukan kunjungan ke Purwokerto. Terdeteksi ada satu Kepala Sekolah yang positif hingga meninggal. Setelah kita tracking ada 12 orang yang juga terpapar.

Sementara, lanjut Jumadi, untuk kluster keluarga terjadi di kelurahan Pekauman, Tegal Barat, bermula dari adanya warga yang meninggal dan hasil swabnya diketahui positif. Telah dilakukan trakcing dan diketahui 14 orang positif.

Sementara,  untuk kluster hotel terjadi di Hotel Pesona, yang terdapat 9 orang pekerja dinyatakan positif.  Rinciannya 4 orang warga kabupaten Tegal, 1 orang warga Kabupaten Brebes dan 4 orang warga Kota Tegal. 

" Masyarakat diminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan lebih ketat lagi sehingga angka penyebarannya bisa ditekan. Sampai hari ini kami masih melakukan hampir 5.000 swab. Kebanyakan yang positif merupakan OTG, sehingga kita minta untuk melakukan isolasi mandiri," tegas Jumadi.

Sementara, Manager Hotel Pesona, Saunan Rasyid melalui akun instagram pesonahoteltegal menyampaikan akan melakukan disinfeksi secara total menyeluruh ke semua area hotel. Dalam akun Instagram itu juga diinformasikan adanya pemberhentian layanan sementara selama masa disinfeksi total mulai 3 Oktober sampai 8 Oktober 2020.

Red/Arf
Lebih baru Lebih lama