JENDELAINDO NEWS UPDATE // Pandangan Fraksi PAN : Pemkot Tegal Kurang Pengawasan Terhadap Perusahaan Nakal # Polres Metro Jakarta Pusat Bongkar Home Industry Ineks Palsu di Johar Baru # 41 Jenazah Korban Kebakaran Lapas Tangerang Teridentifikasi, Operasi DVI Polri Berakhir # APenyidik Evaluasi Bukti dan Keterangan Saksi Kebakaran Lapas Tangerang # Sindikat Skimming ATM, Pelaku Dua Orang WNA # DPD PDIP Laporkan Hersubeno ke Polda Metro Terkait Penyebaran Hoaks Megawati Koma # Komplotan Penggelapan 40 Mobil di Depok Berhasil Diamankan # Selain Kalapas, Penyidik Juga Periksa 6 Orang Terkait Kebakaran Lapas # Polda Metro Jaya Lakukan Pemeriksaan Terhadap Kalapas Tangerang # Polisi Bekuk 6 Pengeroyok Sekeluarga di Bekasi, Motifnya Utang Piutang # Ayu Ting Ting Dicecar 15 Pertanyaan Terkait Kasus Dugaan Penghinaan # Polda Metro Jaya Teliti Laporan Henry Yosodiningrat Soal Kabar Hoaks Megawati Wafat # Densus 88 Antiteror Polri Dalami Informasi Teror dari Kemenlu Jepang # Swab Antigen Gratis Bagi CASN dan PPPK di Gayo Lues # Safari Ke Kota Banjar, Ridwan Kamil: Vaksinasi Disini Luar Biasa Tertinggi di Jawa Barat

Baksos TNI AU Peduli, Bagikan 1000 Paket Sembako


Tegal, Jendelaindo - Memperingati Hari Nusantara Tahun 2020, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) mengadakan kegiatan bakti sosial TNI AU peduli dengan membagikan 1000 paket sembako bagi warga terdampak Covid-19. Pembagian itu berlangsung di Markas Satuan Radar 214 Tegal Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal pada Jumat (6/11/2020) pagi.

Hadir langsung, Wakil Asisten Potensi Dirgantara Kasau Marsekal Pertama TNI Tyas Nur Adi. Dirinya mengatakan kegiatan ini merupakan serangkaian acara Hari Nusantara Tahun 2020 yang puncaknya akan berlangsung pada tanggal 13 Desember 2020 mendatang. “Kegiatan ini dilakukan tidak hanya di Kabupaten Tegal dan Kabupaten Pemalang, tetapi juga di daerah lain,” tuturnya.

Meskipun jumlah bantuan tidak terlalu banyak, Tyas berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19. “Harapan kami semoga bantuan ini menjadi berkah. Kami pun mengajak kepada seluruh warga yang berkemampuan dan kelebihan tidak menganggap pemberian bantuan harus dengan jumlah banyak. Tapi dengan jumlah sedikit pun, semoga dapat membantu masyarakat yang membutuhkan. Sesuai dengan tema hari Nusantara 2020 bahwa laut, udara, dan darat menyatukan kita dalam suatu kesatuan yang utuh termasuk di dalamnya kesejahteraan kita bersama,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Bupati Tegal Umi Azizah saat memberikan sambutan menyampaikan ucapan terimakasih kepada jajaran TNI AU yang telah bersinergi memberikan bantuan sosial kepada warga sekitar, khususnya di Kabupaten Tegal. Bantuan ini menurut Umi sangat dinantikan warga, karena membantu meringankan beban pengeluaran konsumsi rumah tangga, terutama dalam mencukupi kebutuhan pangan dan gizi warga di tengah masa sulit akibat pandemi Covid-19 yang berkepanjangan.

Untuk itu, Umi juga mengajak seluruh elemen dan berbagai pihak, baik individu, lembaga pemerintah maupun non pemerintah serta korporasi untuk ikut serta membangun jaring pengaman sosial di masyarakat selama masa pandemi Covid-19. “Saya sangat mendukung dan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada berbagai pihak untuk memilih skema pemberian bantuan dan target penerima manfaatnya dengan memanfaatkan akses data atau informasi yang ada di Satgas Penanganan Covid-19 pemerintah daerah melalui Dinas Sosial,” jelas Umi.

Umi menyebutkan perkembangan penularan Covid-19 di Kabupaten Tegal saat ini sudah tidak lagi didominasi pelaku perjalanan dari daerah lain. Menurutnya, kasus baru justru banyak bermunculan dari transmisi atau penularan lokal yang ditemukan lewat penelusuran kasus sebelumnya. Sejumlah klaster penularan pun tercipta, mulai dari klaster keluarga, perkantoran, fasilitas kesehatan hingga pasar.

“Maka kita harus mengambil langkah cepat dan serentak untuk mencegah agar penularan kasus Covid-19 tidak semakin meluas. Di sini, semuanya memiliki tanggung jawab yang sama untuk memutus rantai penularan virus. Upaya tersebut harus diikuti dengan kesadaran dan upaya dari setiap pribadi kita, keluarga kita dan lingkungan kita untuk menerapkan 3M,” pesannya.

Sementara itu, Komandon Satrad 214 Tegal Letkol Priyambodo Satriyo Rumpoko menuturkan adapun bantuan 1000 paket sembako itu akan dibagi ke 12 desa di Kecamatan Warureja dan 6 desa di Kecamatan Pemalang. “Isi dari bansos itu diantaranya beras, gula pasir, mie instan, kopi bubuk, kecap manis dan minyak goreng,” katanya.

Turut hadir dalam acara tersebut jajaran unsur Forkompimda Kabupaten Tegal dan Forkompimda Kabupaten Brebes. 


Red/ Sholeh

Lebih baru Lebih lama