JENDELAINDO NEWS UPDATE // Pandangan Fraksi PAN : Pemkot Tegal Kurang Pengawasan Terhadap Perusahaan Nakal # Polres Metro Jakarta Pusat Bongkar Home Industry Ineks Palsu di Johar Baru # 41 Jenazah Korban Kebakaran Lapas Tangerang Teridentifikasi, Operasi DVI Polri Berakhir # APenyidik Evaluasi Bukti dan Keterangan Saksi Kebakaran Lapas Tangerang # Sindikat Skimming ATM, Pelaku Dua Orang WNA # DPD PDIP Laporkan Hersubeno ke Polda Metro Terkait Penyebaran Hoaks Megawati Koma # Komplotan Penggelapan 40 Mobil di Depok Berhasil Diamankan # Selain Kalapas, Penyidik Juga Periksa 6 Orang Terkait Kebakaran Lapas # Polda Metro Jaya Lakukan Pemeriksaan Terhadap Kalapas Tangerang # Polisi Bekuk 6 Pengeroyok Sekeluarga di Bekasi, Motifnya Utang Piutang # Ayu Ting Ting Dicecar 15 Pertanyaan Terkait Kasus Dugaan Penghinaan # Polda Metro Jaya Teliti Laporan Henry Yosodiningrat Soal Kabar Hoaks Megawati Wafat # Densus 88 Antiteror Polri Dalami Informasi Teror dari Kemenlu Jepang # Swab Antigen Gratis Bagi CASN dan PPPK di Gayo Lues # Safari Ke Kota Banjar, Ridwan Kamil: Vaksinasi Disini Luar Biasa Tertinggi di Jawa Barat

Kodim Cilacap Gelar Tes Kesamaptaan Periodik II Tahun 2020

Cilacap, Jendelaindo - Guna menjaga dan meningkatkan kemampuan fisik prajurit untuk menunjang tugas pokok TNI sebagai unsur pembina kewilayahan, Kodim 0703 Cilacap menggelar tes kesamaptaan periodik II tahun 2020, bertempat di Stadion Wijayakusuma Cilacap, Jln. Dr. Rajiman, No. 65 Cilacap Utara.

Kegiatan yang digelar selama 2 hari, mulai hari ini, Rabu dan Kamis (11-12/11/2020)  dikuti oleh seluruh prajurit TNI Kodim 0703 Cilacap baik itu yang berpangkat Perwira, Bintara dan Tamtama yang secara teknis diatur masing-masing bagian (Staf Makodim maupun Koramil jajaran) dalam 2 gelombang. 

Untuk menjamin kegiatan ini berlangsung sesuai program yang digariskan Komando atas, kegiatan ini mendapat pengawasan dari Tim Pengawas dari Korem 071/Wijayakusuma yang tediri dari unsur Jasmani Korem (Jasrem) dan Staf Personel Korem. 

Dalam kesempatan itu, Kepala Staf Kodim (Kasdim) Mayor Inf Drs. Abdul Asis Lallo mengatakan sesuai kebijakan Komando Atas, pelaksanaan Kesamaptaan periodik tidak dilakukan secara terpusat di Makorem, namun tersebar dimasing-masing Satuan Kodim jajaran.

"Untuk itu kita dari Kodim 0703  Cilacap telah membentuk Tim penyelenggara kegiatan  Kesamaptaan ini, dan membuat Surat Perintah (Sprint) kepada personel yang terlibat baik sebagai pendukung maupun peserta kegiatan. Hal ini penting agar pelaksanaan Kesamaptaan berjalan sesuai rencana yang diharapkan," kata dia.

Terkait Tes Kesamaptaan yang dilakukan secara periodik (tiap semester) merupakan program Satuan yang dapat dijadikan sebagai parameter pembinaan fisik atau jasmani prajurit. 

"Tes Kesemaptaan ini terdiri dari tes kesegaran "A" yaitu lari dengan durasi 12 menit dan tes kesegaran "B" yang terdiri dari gerakan Pull Up, Sit Up Twist, Push Up, Lunges, dan Shuttle Run," terangnya.

Satu hal penting yang perlu diwaspadai dalam setiap tes Kesamaptaan adalah faktor keamanan, mengingat peserta tes adalah prajurit teritorial yang setiap hari begelut dengan pembinaan wilayah. Untuk itu prosedur kegiatan wajib diikuti, terutama pengecekan kesehatan untuk memastikan kesiapan prajurit.

"Kalau ada prajurit yang tidak memenuhi syarat kesehatan atau sakit tidak diperkenankan ikut kegiatan, kita semua paham bahwa tes kesamptaan ini bagian dari kesejahteraan prajurit, jadi jangan sampai karena kegiatan ini malah terjadi kerugian personel (korban jiwa)," harap Kasdim.


Red/ Sholeh
Lebih baru Lebih lama