Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

12/17/2020

Brebes Raih 2 Penghargaan KIP Award 2020 Jateng

Brebes,Jendelaindo - Kabupaten Brebes meraih dua penghargaan Ketebukaan Informasi Publik (KIP) Award Tahun 2020 Jawa Tengah. Dua penghargaan tersebut ditorehkan oleh Pemkab Brebes yang digawangi Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Dinkominfotik) Kabupaten Brebes dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Brebes.

Pemkab Brebes meraih peringkat ke-6 kategori Menuju Informatif, yang tahun sebelumnya hanya di peringkat ke-20.

Untuk Bawaslu Brebes, meraih peringkat ke-3 kategori Menuju Informatif. Bawaslu sebagai lembaga baru, untuk pertama kalinya mengikuti penilaian dan langsung mendapatkan peringkat 3 untuk Bawaslu Kabupaten Brebes.

Pengumuman penghargaan disampaikan Ketua Komisi Informasi Jawa Tengah Drs Sosiawan pada acara Penganugrahan KIP Award Tahun 2020 di Dinas Kominfo Jawa Tengah melalui media daring, Rabu (16/12).

Menurut Sosiawan, penganugrahan KIP Award kali ini adalah tahun yang istimewa karena berada di situasi yang  tidak menguntungkan yaitu di era pandemi  covid-19. Maka dari itu penganugrahan KIP Award 2020 mengambil  tema “Keterbukaan Informasi Dalam Masa Pandemi Covid-19,". 

Meskipun dalam situasi pandemi, kata Sosiawan,  seluruh badan publik di Jawa Tengah tidak boleh kendor semangatnya, tidak boleh lemah pelayanan informasi publiknya dan tidak boleh berkurang dalam pelayanan akses informasi yang harus terbuka kepada publik.

"Pada intinya kita berharap meskipun dalam situasi apapun keterbukaan informasi menjadi budaya kerja, bisa menjadi etos kerja dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik khususnya di Provinsi Jawa Tengah," tandasnya.

Sosiawan nenjelaskan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo selaku Pimpinan Badan Publik Provinsi Jawa Tengah untuk ke tiga kalinya meraih anugrah Provinsi Paling Informatif peringkat pertama pada KIP Award  tingkat nasional tahun 2020, 

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH mengaku bangga dan gembira atas diraihnya dua Penghargaan di KIP Award 2020 Jawa Tengah. Namun demikian tidak boleh berpuas diri karena masih perlu ditingkatkan kualitasnya. Apalagi masyarakat sekarang sudah melek teknologi informasi, maka Pemkab juga harus menyuguhkan informasi publik yang terbuka dan transparan.

"Alhamdulillah, tahun ini Pemkab Brebes meraih KIP Award 2020 peringkat ke-6 kategori Menuju Informatif, dan Bawaslu peringkat ke-3," ujar Bupati usai mengikuti daring  Penganugrahan KIP Award 2020, di Pendopo Brebes, Rabu (16/12)

Tentunya, lanjut Idza, ini menjadi penyemangat agar Kabupaten Brebes dapat mempertahankan bahkan dapat lebih baik meraih Kategori Informatif di tahun mendatang. Idza mengucapkan terimakasih kepada semua jajaran terkait yang telah mendukung tercapainya Kabupaten Brebes sebagai Kabupaten Informatif. 

Harapanya semua OPD dapat menjadi pionir keterbukaan informasi agar tercipta pemerintahan yang baik.

"Semua akses informasi dapat di akses dengan mudah oleh semua  lapisan masyarakat," ujar Idza yang juga sebagai Pimpinan Badan Publik Pemerintah Kabupaten Brebes.

Kepala Dinkominfotik Kabupaten Brebes Drs Tatag Koes Adianto MSi menambahkan, diraihnya penghargaan ini berkat dukungan semua pihak, untuk itu diucapkan terima kasih.

"Tahun depan, kita harus mempertahankan bahkan diupayakan dapat meraih 3 besar. Perwujudannya, Pemkab Brebes akan melaksanakan pemeringkatan badan publik tingkat kabupaten sesuai dengan perintah Bupati Brebes. Jadi kita akan melaksanakan penilaian pemeringkatan badan public tingkat Kaputen Brebes. Sehingga semua OPD bisa melaksanakan keterbukaan informasi," pungkasnya. (Hms Brebes)

Red/Sholeh

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot