Pengelola Website Pramuka Brebes Tingkatkan Kapasitas

Brebes,Jendelaindo - Pengelolaan website pada era milenial yang serba online, sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebuah organisasi. Menyikapi hal ini, Kwartir Cabang (Kwarcab) 11.29 Kabupaten Brebes mewujudkan Website yang sudah difasilitasi oleh Kwartir Daerah Jawa Tengah melalui Dinas Kominfo Jawa Tengah untuk dimaksimalkan.

Untuk itu, perlu ditingkatkan kapasitas para pengelolanya dengan  mengadakan Pelatihan Tim Pengelola Website Kwarda Jawa Tengah di Kwarcab Kabupaten Brebes Tahun 2020, Kamis (11/12)

Kegiatan dibuka Ketua Kwarcab 11.29 Brebes Emastoni Ezam SH MH di aula Sanggar Bhakti Kwarcab Brebes.

Dalam sambutannya Kak Toni-demikian sapaan akrabnya- menyampaikan, Pelatihan jurnalistik bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pengelola Website Kwarcab Brebes sehingga sesuai dengan nilai nilai kejurnalistikan. 

Menurut Kak Toni, laman Kwarcab dituntut dapat meningkatkan kualitas informasi dan pelayanan kepada anggota dan anak didik seiring perkembangan zaman. Bahkan, sekarang banyak pihak menilai keberhasilan kinerja Bidang Humas diukur dari pelayanan informasi yang disajikan dalam laman tersebut.

"Informasi yang cepat memungkinkan pesan organisasi dapat tersampaikan dengan cepat kepada masyarakat dan anggota," ujar Kak Toni.

Tujuannya agar sumber daya manusia dapat mengoptimalkan penyampaian berita positif dan mencegah informasi hoaks. 

"Semoga adanya pelatihan ini, laman Kwarcab bisa menjadi lebih bagus dan bermanfaat. Selain itu, Kwarcab Kabupaten Brebes juga semakin maju dan terus berprestasi," pungkasnya.

Dalam pelatihan tersebut, materi mengenai pengelolaan website disampaikan Kabid Komunikasi dan Kehumasan Dinas Komunikasi  Informatika dan Statistik Brebes Lusiana Indira Isni SSos MIkom

Dalam paparannya, Lusi menekankan agar anggota dan pengurus Kwarcab mahir menulis dan bikin berita. Karena pada hakekatnya, berita yang ditulis sangat dibutuhkan oleh masyarakat, dan laman Kwarcab bisa ajang berlatih sekaligus mengabarkan kegiatan  Pramuka

Untuk itu, anggota dan pengurus Kwarcab harus meningkatkan kompetensi. Baik soal wawancara, pengambilan data, kepenulisan hingga penggambilan foto yang baik.

“Semakin meningkatnya kompetensi maka akan berdampak pada peningkatan kualitas penyampaian dari capaian Kwarcab itu sendiri. Karya yang dihasilkan pun sesuai dengan kode etik dan aturan yang ada,” ucap Lusi.

"Ratting berita memang bagus jika eksklusif. Tapi lebih bagus lagi jika judul dan isi dari berita tersebut bisa menarik minat si pembaca," turut Lusi.

Wakabid Humas dan Abdimas Kwarcab 11.29  Brebes Wasdiun SIIkom bertekad akan meningkatkan mutu Website. Baik konten, ilustrasi, maupun grafis.

"Tentu butuh waktu dan SDM yang handal untuk mengelola Website komunitas seperti Pramuka," ujar Wasdiun yang juga Ketua Panitia penyelenggara kegiatan.

Dalam pelatihan itu, para peserta juga diberikan pengetahuan singkat seputar Dasar-dasar jurnalistik, tehnik praktik wawancara dan mencari serta menulis berita, foto jurnalistik dan aplikasi media sosial dan yang terakhir praktik pengelolaan berita di Website.

Red/ Sholeh
Lebih baru Lebih lama