Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

1/22/2021

Pemkab Tegal Segera Lakukan Program Vaksinasi Covid -19


Tegal,Jendelaindo
- Pemerintah Kabupaten Tegal masih terus mempersiapkan program vaksinasi virus corona untuk meredakan penularan Covid-19 yang penyebaranya masih saja terus meningkat.

Dinas Kesehatan telah melaksanakan beberapa persiapan pelaksanaan program Vaksinasi calon penerima vaksin dengan sasaran tenaga medis dan tenaga penunjang kesehtan, pelayanan publik, masyarakat umum dan pelaku ekonomi serta masyarakat rentan lainya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal Hendadi Setiaji mengatakan, pemberian vaksinasi secara cuma-cuma oleh pemerintah akan dilakukan secara bertahap. Tahap pertama diberikan kepada petugas kesehatan dan tenaga penunjang seperti petugas administrasi, dan petugas kebersihan sebanyak 5.620 orang yang sudah disetorkan ke kementerian kesehatan untuk menerima Vaksin.
 
Tahap selanjutnya vaksinasi akan diberikan kepada petugas pelayanan publik sebanyak 37.851 orang kata Hendadi saat Konferensi Pers di Pendopo Rumah Dinas Bupati  pada Kamis 21 Januari 2021yang disiarkan secara langsung di chenel youtube pemkab Tegal dan Radio Slawi FM.
 
Selanjutnya secara bertahap pemberian vaksin akan diberikan kepada  masyarakat rentan sebanyak 545.448 orang, masyarakat umum dan pelaku ekonomi 260.202 orang dan tahap terakhir masyarakat rentan lainya (lansia) sejumlah 156.767 orang. Kata Hendadi.
 
Ia menambahkan, vaksin yang akan diterima pihaknya adalah vaksin Covid-19 Sinovac asal China. Untuk lokasi tempat vaksinasi tahap awal telah disediakan 29 Puskesmas dan 9 rumah sakit serta 1 klinik kesehatan.
 
Pihaknya juga telah menyiapkan Revigator/tempat pendingin khusus di beberapa tempat layanan kesehatan untuk menyimpan Vaksin dan petugas khusus yang akan melaksanakan tugas vaksinasi yang sudah terlatih secara khusus pula, "ujarnya.
 
Ditanya kapan rencana pelaksanaan vaksinasi tersebut, Hendadi menyampaikan jika pihaknya masih menunggu instruksi dari Kementerian Kesehatan. “Kita masih menunggu instruksi Kemenkes, "jelasnya.
 
Sementara itu, Bupati Tegal Umi Azizah menjelaskan, perkembangan saat ini kasus positif Covid-19 di Kabupaten Tegal trendnya menurun, dan berada di posisi 3 besar terendah di jawa Tengah. “Akan tetapi Saya berharap kasus yang positif ini betul-betul nol tidak ada penambahan kasus lagi.

Oleh karena itu, upaya penanganan dan pencegahan penularan Covid-19 terus dilakukan secara maksimal, tidak boleh kendor. Apalagi saat ini klaster penularanya sudah sangat bervariasi dan sulit untuk di deteksi, "jelas Umi.
 
"Alhamdulillah, Pemerintah telah melaunching Program Vaksin Corona yang menjadi harapan kita semua, semoga dengan program tersebut penurunan Kasus Positif bisa menurun secara signifikan," sebutnya.
 
Menurutnya, program Vaksinasi Covid-19 sebagai upaya maksimal yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Tegal.  Pemberian Vaksin tahap awal Pada tenaga Medis dan petugas pelayanan publik nantinya  dapat diberikan juga pada seluruh warga masyarakat dengan skala prioritas karena terbatasnya Vaksin yang tersedia.
 
"Saya berpesan bahwa Program Vaksinasi Covid-19 ini, bukan satu-satunya upaya dalam penanganan dan pencegahan Virus corona. Bagi masyarakat yang sudah divaksin maupun yang belum harus tetap menerapkan protokol kesehatan secara benar," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Umi juga mengajak semua pihak untuk menangkal semua Hoaxs yang dapat menghambat program Vaksinasi. Serta untuk dapat mensosialisasikan dan mengkomunikasikan dengan baik pada warga masyrakat, agar program Vaksinasi bisa berjalan lancar dan sukses sehingga kasus positif Covid-19 betul-betul tidak ada lagi. 

Wartawan : Arifin

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot