JENDELAINDO NEWS UPDATE // Pandangan Fraksi PAN : Pemkot Tegal Kurang Pengawasan Terhadap Perusahaan Nakal # Polres Metro Jakarta Pusat Bongkar Home Industry Ineks Palsu di Johar Baru # 41 Jenazah Korban Kebakaran Lapas Tangerang Teridentifikasi, Operasi DVI Polri Berakhir # APenyidik Evaluasi Bukti dan Keterangan Saksi Kebakaran Lapas Tangerang # Sindikat Skimming ATM, Pelaku Dua Orang WNA # DPD PDIP Laporkan Hersubeno ke Polda Metro Terkait Penyebaran Hoaks Megawati Koma # Komplotan Penggelapan 40 Mobil di Depok Berhasil Diamankan # Selain Kalapas, Penyidik Juga Periksa 6 Orang Terkait Kebakaran Lapas # Polda Metro Jaya Lakukan Pemeriksaan Terhadap Kalapas Tangerang # Polisi Bekuk 6 Pengeroyok Sekeluarga di Bekasi, Motifnya Utang Piutang # Ayu Ting Ting Dicecar 15 Pertanyaan Terkait Kasus Dugaan Penghinaan # Polda Metro Jaya Teliti Laporan Henry Yosodiningrat Soal Kabar Hoaks Megawati Wafat # Densus 88 Antiteror Polri Dalami Informasi Teror dari Kemenlu Jepang # Swab Antigen Gratis Bagi CASN dan PPPK di Gayo Lues # Safari Ke Kota Banjar, Ridwan Kamil: Vaksinasi Disini Luar Biasa Tertinggi di Jawa Barat

DPMD Ciamis Berikan Arahan Penyusunan RPJMDes


Kabupaten Ciamis, Jendelaindo
. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Ciamis berikan arahan dan penyusunan tentang RPJMDes yang mengacu pada SDGs bersama seluruh Kecamatan dan Desa se - Kabupaten Ciamis secara virtual bertempat diaula DPMD Ciamis. 18/03/2021.

Sekertaris DPMD Ciamis Dian Budiana menyampaikan, SDGs Desa merupakan upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan serta kelaparan, Desa peduli lingkungan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring dan Desa tanggap budaya dalam percepatan pencapaian tujuan pembangunan yang berkelanjutan. Ujarnya.

Lanjut Dian, saat ini Desa sedang disibukan pembuatan RPJMDes yang didalamnya memuat serta berbasis pada pemutakhiran SDGs dan IDM saat ini sebagai langkah ketepatan sasaran dalam implementasi RPJM Desa.

" Penyusunan RPJMDes harus dapat mampu memuat SDGs dan Indeks Desa Membangun ( IDM ) sebagai indikator dalam penyusunan RPJMDes. Saat ini ada 143 Desa yang sedang menyusun RPJMDes ". Jelasnya.

Ia sampaikan, seluruh kepala desa wajib melihat dan memahami isi RPJMDes tersebut supaya dapat sesuai kebijakan yang diberikan. Terangnya.

Masih kata Dian, selain daripada itu juga, agar apa yang akan kita kerjakan dapat mencakup semua Visi dan Missi Bupati Ciamis. 

Sementara itu, Tenaga Ahli PP P3MD Kabupaten Ciamis Untung. Bahtiar. Setiawan. SI.p mengatakan, bahwa pengertian pendataan Desa yaitu proses penggalian, pengumpulan, pencatatan, verifikasi dan validasi data SDGs Desa.

Dalam pendataan Desa tersebut, tentu akan memuat data objektif kewilayahan dan kewargaan Desa yang berupa aset serta potensi aset Desa yang dapat didayagunakan dalam pencapaian tujuan pembangunan Desa, masalah ekonomi, sosial dan budaya. Kata Dian.

Dian memaparkan, semua yang dapat digunakan sebagai bahan rekomendasi penyusunan program dan kegiatan pembangunan Desa hingga data dan imformasi terkait yang lainnya menggambarkan kondisi objektif Desa serta masyarakat Desa. Tambahnya.

" Berdasarkan hal tersebut, tentunya harapan kedepan dengan adanya pemutakhiran SDGs Desa ini, baik secara Nasional kita dapat menuju pencapaian bangsa yang kita inginkan ". Pungkasnya.

Wartawan : Prayudi
Lebih baru Lebih lama