Jalin Kerjasama Lapas Narkotika 2A Dengan SMKN 2 Tanjungpinang Tentang Tata Boga

 


Tanjungpinang, Jendelaindo - Pembukaan Pelatihan Pembinaan Kemandirian Bidang Jasa (Tata Boga) Bekerjsama Dengan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Negeri 2 Tanjungpinang Bagi Wbp Lapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang Tahun Anggaran 2021 (Senin, 22/03/2021).


Guna mencapai tujuan pemasyarakatan, yaitu membentuk WBP (Narapidana) agar menjadi manusia seutuhnya, menyadari kesalahannya, memperbaiki diri, tidak mengulangi tindak pidana, dapat berperan dalam pembangunan, dapat hidup secara wajar sebagai warga yang baik dan bertanggung jawab sehingga dapat diterima kembali oleh lingkungan masyarakat, maka setiap WBP harus menjalani pembinaan selama menjalani masa pidananya.


Salah satu program pembinaan yang menjadi tugas dan pokok dari Lembaga Pemasyarakatan adalah Program Pembinaan Kemandirian. Pembinaan kemandirian ini dilaksanakan agar narapidana memiliki bekal keterampilan yang cukup, sehingga setelah bebas diharapkan mampu bersaing dalam bursa tenaga kerja/atau dapat hidup mandiri sehingga dapat berguna bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan Negara.


Pembinaan kemandirian yang akan dilaksanakan saat ini adalah pelatihan dibidang jasa tata boga produksi makanan kering bagi Warga Binaan Pemasyarakatan dengan tujuan membantu narapidana mengembangkan dirinya dan mempersiapkan dirinya untuk kembali ke masyarakat dengan membari bekal keterampilan kepada narapidana, sekaligus merupakan bagian aktifitas dan kreatifitas bagi narapidana untuk menambah pengetahuan dan keterampilan serta penghasilan agar mendukung program Pemerintah dalam mengembangkan ekonomi mikro kreatif masyakarat.


Pada kesempatan ini SMK N 2 Tanjungpinang melalui Ibu Hijah Zuliar, S.Pd. MM Ka. Kompetensi Keahlian Tata Boga menyampaikan dalam sambutan "SMK N 2 Tanjungpinang sangat mendukung kegiatan kerjasama antar instansi, semoga program pelatihan ini berjalan hingga tingkat produksi" Ucap beliau.


Kalapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang membuka kegiatan pelatihan kemandirian dengan berpesan kepada warga binaan pemasyarakatan " Jangan takut untuk memulai" Tegasnya.


Pada kegiatan ini harapan yang dituju ialah WBP bisa menerapkan ilmu yang sudah dipelajari di sini sehingga pada saatnya kembali ke masyarakat dapat bersaing dengan bisnis kuliner lainnya dan diakui keterampilannya.


Kegiatan  pembukaan pelatihan kemandirian ditutup dengan foto bersama, kegiatan berjalan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan  tetap menjaga kondisi kesehatan, selalu mengenakan masker, dan menjaga jarak.Red/Tim

Lebih baru Lebih lama