JENDELAINDO NEWS UPDATE // Pandangan Fraksi PAN : Pemkot Tegal Kurang Pengawasan Terhadap Perusahaan Nakal # Polres Metro Jakarta Pusat Bongkar Home Industry Ineks Palsu di Johar Baru # 41 Jenazah Korban Kebakaran Lapas Tangerang Teridentifikasi, Operasi DVI Polri Berakhir # APenyidik Evaluasi Bukti dan Keterangan Saksi Kebakaran Lapas Tangerang # Sindikat Skimming ATM, Pelaku Dua Orang WNA # DPD PDIP Laporkan Hersubeno ke Polda Metro Terkait Penyebaran Hoaks Megawati Koma # Komplotan Penggelapan 40 Mobil di Depok Berhasil Diamankan # Selain Kalapas, Penyidik Juga Periksa 6 Orang Terkait Kebakaran Lapas # Polda Metro Jaya Lakukan Pemeriksaan Terhadap Kalapas Tangerang # Polisi Bekuk 6 Pengeroyok Sekeluarga di Bekasi, Motifnya Utang Piutang # Ayu Ting Ting Dicecar 15 Pertanyaan Terkait Kasus Dugaan Penghinaan # Polda Metro Jaya Teliti Laporan Henry Yosodiningrat Soal Kabar Hoaks Megawati Wafat # Densus 88 Antiteror Polri Dalami Informasi Teror dari Kemenlu Jepang # Swab Antigen Gratis Bagi CASN dan PPPK di Gayo Lues # Safari Ke Kota Banjar, Ridwan Kamil: Vaksinasi Disini Luar Biasa Tertinggi di Jawa Barat

Karang Taruna Kaligayam Sulap Kali Jadi Tempat Budidaya Ikan



Tegal,Jendelaindo - Saluran air limpasan Sungai Kaligung sepanjang 100 meter di Desa Kaligayam, Kecamatan Talang berhasil disulap pemuda desa Karang Taruna menjadi tempat budidaya ikan. Tak hanya itu, penataan lahan di sepanjang saluran tersebut menjadikan tampilan saluran ini semakin menarik. Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono bersama sejumlah unsur forum komunikasi pimpinan kecamatan (Forkopimcam) Talang berkesempatan menebarkan benih ikan nila pada Jumat (26/03/2021) pagi.


Joko mengapresiasi inisiatif pemuda Karang Taruna Desa Kaligayam yang mampu memanfaatkan potensi aliran sungai ini menjadi tempat budidaya ikan air tawar. Menurutnya, ide kreatif ini bisa menjadi contoh bagi komunitas pemuda desa lainnya. Pemuda Karang Taruna, lanjutnya, harus menjadi pelopor inovasi desa, mendorong kreatifitas generasi muda untuk memanfaatkan potensi dan menangkap peluang yang ada demi kemajuan bersama. 


"Situasi pandemi ini kiranya bisa kita jadikan momentum untuk berinovasi dan berkolaborasi mencari terobosan dan jalan keluar. Dan ini ada contoh baik dari pemuda karang taruna yang bisa mengonversi kondisi krisis ekonomi menjadi satu kesempatan baik. Dengan demikian, peran pemuda karang taruna tidak saja aktif sebagai motor penggerak kegiatan sosial kemasyarakatan, tapi sekaligus juga agen perubahan di berbagai sektor kehidupan di lingkungannya, termasuk ekonomi kerakyatan di masa sulit ini," ujarnya. 


Di tempat yang sama, Ketua Karang Taruna Desa Kaligayam Irfan Winanda Pratama mengatakan, setidaknya ada 5.000 benih ikan nila merah yang ditabur pada kesempatan ini. Bibit ikan tersebut berasal dari swadaya anggota Karang Taruna Desa Kaligayam yang bekerja sama dengan Karang Taruna Kabupaten Tegal.


"Apresiasi dan ucapan terima kasih saya sampaikan kepada jajaran Pemkab Tegal, Karang Taruna Kabupaten Tegal, Pemerintah Desa Kaligayam dan pemangku sumber daya air yang telah memfasilitasi usaha kami ini. Mudah-mudahan, ke depan, akan terjalin kerja sama yang lebih intensif, baik dalam hal pemanfaatan hasil panen ikannya maupun selama masa pemeliharaan ikan ini,” kata Irfan. 


Menurutnya, selain bergantung pada pasokan air, perilaku warga sekitar untuk tidak membuang sampah dan limbah berbahaya ke dalam saluran air ini akan menjaga kelangsungan usaha rintisan pemuda Karang Taruna Desa Kaligayam tersebut.

Red/Tim

Lebih baru Lebih lama