Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

3/02/2021

TMMD Tahap I TA 2021, Targetkan Saluran Air di Kelurahan Mangkukusuman


Tegal,Jendelaindo
– Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahap I Tahun Anggaran 2021 Kota Tegal, menargetkan sasaran fisik berupa saluran air di Jl. Merah Putih, RT 01 dan RT 02 RW I, Kelurahan Mangkukusuman Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal.

Hal tersebut disampaikan Perwira Pelaksana TMMD Sengkuyung Tahap I tahun 2021, di wilayah Kodim 0712/Tegal, Kapten Inf. Shokib Setyadi, dalam laporannya saat Pembukaan dan Penyerahan Program TMMD di Pringgitan, Komplek Balai Kota Tegal, Selasa (2/3).
Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono dalam kesempatan itu menyerahkan dokumen Program TMMD Tahap I Tahun Anggaran 2021 kepada Dansatgas TMMD Sengkuyung tahap I Tahun Anggaran 2021, Komandan Kodim 0712, yang diwakili Kepala Staf Kodim Mayor. CBA. Eko Budi Sarjono.

Dijelaskan Shokib, sasaran fisik pada giat TMMD di Kelurahan Mangkukusuman berupa pemasangan saluran U-Ditch dengan panjangan 1,20 meter, lebar 0,40 meter, tinggi 0,50 meter, sepanjang 186,5 meter dan pemasangan cover U-Ditch 40 x 60 sepanjangan 186,5 meter.

Sementara itu, untuk pelaksanaan Pra TMMD, Shokib melaporkan sudah dilaksanakan mulai  Selasa- Kamis (16-25/2) lalu. Sedangkan untuk pelaksanaan TMMD akan dilaksanakan mulai Selasa-Rabu (2-31/3).

Dalam Program TMMD Tahap I ini, selain sasaran fisik juga dilaksanakan kegiatan untuk sasaran non fisik, yang meliputi penyuluhan TMMD, penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara, penyuluhan protokol kesehatan, penyuluhan pencegahan bahaya stunting pada anak, penyuluhan kenakalan remaja dan narkoba, penyuluhan Keluarga Berencana, kesehatan dan posyandu. 

Total anggaran untuk giat TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2021 ini sejumlah, Rp. 502.000.000,- yang berasal dari APBD Provinsi Jawa Tengah Rp. 251.000.000,- dan APBD Kota Tegal Rp. 251.000.000,-.

Camat Tegal Timur, Dorres Indrian Nugroho menyampaikan dengan TMMD yang dilaksanakan di wilayah Kelurahan Mangkukusuman, sangat membantu pihaknya. Sebab Kelurahan Mangkukusuman, menurut Dorres, merupakan etalasenya Kota Tegal. Disebutkan, sebagian besar tempat fasilitas publik di Kota Tegal ada di Kelurahan Mangkukusuman. 

“Giat ini implikasinya sangat positif untuk Kelurahan Mangkukusuman khususnya untuk revitalisasi saluran. Saya berharap dari kegiatan TMMD ini akan memberikan dampak kesejahteraan bagi masyarakat,” harap Dorres.

Dalam kesempatan tersebut, Dorres menghimbau kepada masyarakat di sekitar Kelurahan Mangkukusuman, khususnya di sekitar lokasi giat agar bisa guyub rukun turut bergotong royong untuk bisa membantu TNI dalam melaksanakan revitaslisasi saluran.

“Masyarakat juga diharapkan nantinya bisa membantu menjaga dan merawat yang sudah dikerjakan, kemudian bisa menjaga lingkungan agar selalu bersih,” pungkas Camat Tegal Timur.

Red/Sholeh

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot