TMMD, Upaya Percepatan Pemerataan Pembangunan Di Masa Pandemi

 

Brebes,Jendelaindo - Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) menjadi upaya percepatan pembangunan di masa Pandemi Covid-19. Apalagi, Kabupaten Brebes memiliki wilayah cukup luas dengan cakupan 17 Kecamatan, 292 Desa dan 5 Kelurahan.  Untuk itu, dibutuhkan peran serta masyarakat untuk mewujudkan kesejahteraan bersama. 

“Pemerataan pembangunan tidak semata tanggung jawab pemerintah namun butuh peran serta seluruh masyarakat,” ujar Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH saat Penyerahan Pekerjaan TMMD Sengkuyung I Tahun 2021, di ruang OR Setda Brebes, Selasa (2/3).

Narjo mengapresiasi kepada jajaran TNI yang secara konsisten membantu pemerintah Pemkab Brebes dalam upaya percepatan pemerataan pembangunan melalui kegiatan TMMD. Berkat TMMD yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral bersama TNI, Polri, dan OPD terkait tersebut menjadikan percepatan pemerataan pembangunan di Kabupaten Brebes bisa berjalan cepat hingga ke pelosok desa.

Menurut Narjo banyak sudah masyarakat yang merasakan manfaat dari TMMD. Seperti pembangunan infra struktur, sarana, dan prasarana yang langsung menyentuh kepentingan masyarakat. Ada banyak hal yang dibangun TMMD yakni pembangunan jalan pedesaan, Rumah Tidak Layak Huni, pembukaan jalan di tempat yang terisolasi dan pembangunan non fisik.  

Komandan Kodim 0713 Brebes Letkol Arm Mohamad Haikal Sofyan Selaku DanSatgas TMMD Sengkuyung I Tahun 2021 menyampaikan, kegiatan TMMD dilaksanakan 2-31 Maret 2021 di Desa Pruwatan Kecamatan Bumiayu, Brebes. 
Selama sebulan, antara lain akan membangun peningkatan jalan, drainase, talud, plat decker, gorong -gorong dan pembangunan RTLH.

Lanjut Sofyan, selain pembangunan fisik juga non Fisik. Antara lain pelayanan langsung administrasi kependudukan, pelayanan kesehatan dan  KB gratis, sosialisasi perkawinan dalam situasi pandemi, sosialisasi bank sampah, pendidikan politik bagi elemen masyarakat, pembinaan masyarakat taat hukum, sosialisasi kebencanaan, sosialisasi wawasan kebangsaan dan bela negara. 

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH, Komandan Kodim 0713 Brebes Letkol Arm Mohamad Haikal Sofyan, Kapolres Brebes AKBP Gatot Yuliyanto SIK, Ketua Pengadilan Negeri Brebes Tornado Edmawan SH MH, Perwakilan Kajari, Setda Brebes Ir Djoko Gunawan MT, beberapa kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Brebes, Camat Bumiayu dan Kepala Desa Pruwatan.


Red/Sholeh
Lebih baru Lebih lama