Bentuk Tim P2DD, Pemkab Brebes Jalin Koordinasi dengan BI


Brebes,Jendelaindo - 
Sesuai Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 3 tahun 2021 tertanggal 4 Maret 2021 disebutkan, pembentukan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) bertujuan mempercepat dan memperluas digitalisasi daerah. Berkaitan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes menjalin koordinasi dengan Bank Indonesia (BI).

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH, diwakili Asisten II Bidang  Administrasi Ekonomi dan Pembangunan Sekda Brebes, Dra Tetty Yuliana MPd menyambut baik rencana pembentukan Tim P2DD. Apalagi didukung BI dalam memastikan transaksi pemerintah daerah melalui transaksi digital.

"Dengan demikian, berbagai transaksi pemerintah dapat dilakukan dengan lebih mudah dan tercatat dengan baik," ucap Tetty saat Audiensi Pembentukan Tim P2DD di Ruang Rapat Sekda Brebes, Jumat (9/4).

Menurut Tetty, pembentukan Tim P2DD dapat mendorong efektifitas pengelolaan dana pemerintah daerah dengan tetap mengedepankan transparansi dan good governance, dengan menerapkan digitalisasi di sektor ekonomi dan keuangan, salah satunya melalui program Elektronifikasi Transaksi Pemda (ETP). Implementasi ETP, baik dari sisi pendapatan maupun pengeluaran, diharapkan dapat turut mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Brebes, karena memiliki potensi yang besar dalam penerapan elektronifikasi, khususnya untuk transaksi penerimaan seperti pajak dan retribusi.

"Selain memberikan manfaat transaksi yang efisien, cepat nyaman dan akuntabel, ETP juga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)," terangnya.

Dia menghimbau kepada dinas maupun instansi terkait untuk melakukan koordinasi dengan pihak BI untuk memaksimalkan penerapan implementasi ETP di setiap lingkungan tugas masing masing. Karena melalui koordinasi yang baik akan menjadi kunci keberhasilan dalam memperluas implementasi ETP di wilayah Kabupaten Brebes.

"Semoga rencana pembentukan Tim P2DD ini, dapat membantu serta memperlancar sistem kinerja di Pemkab Brebes," pungkasnya.

Manager Bank Indonesia Cabang Tegal Henri Nosi Saturwa menyampaikan, pihaknya akan mendukung Pemkab Brebes terkait rencana pembentukan Tim P2DD.

"Kita sadar, sekarang ini memasuki era digitalisasi baik dalam komunikasi maupun transaksi, karenanya kita harus memanfaatkan dan memperluas digitalisasi guna memudahkan transaksi layanan yang dikelola Pemkab Brebes," ucapnya.

Henri mengatakan, adanya Tim P2DD dapat menjadi forum koordinasi antar instansi dan stakeholder terkait untuk mendorong inovasi percepatan dan perluasan ETP, guna mewujudkan efisiensi, efektivitas dan transparansi tata kelola keuangan di lingkungan Pemkab Brebes.

Audiensi dihadiri jajaran Bank Indonesia Cabang Tegal, Bank Jateng Cabang Brebes serta OPD terkait.

Wartawan : Krisna
Lebih baru Lebih lama