Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

4/10/2021

Bupati Tegal,Seusai Lantik Kades Minta Pengurusan Akta Kelahiran Selesai di Desa


Tegal,Jendelaindo
– Bupati Tegal Umi Azizah minta kepala desa (Kades) tempatkan kepuasan warganya sebagai indikator utama pelayanan publik, salah satunya membuka layanan pengurusan dokumen administrasi kependudukan (adminduk) di kantor desa. Pesan tersebut disampaikan Umi usai melantik dua orang kepala desa pengganti antar waktu di Pendopo Amangkurat, Jumat (09/04/2021).

Menurut Umi, pihaknya melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tegal telah menyediakan Sistem Informasi Registrasi Penduduk (SIReP). Melalui layanan adminduk berbasis jaringan internet ini, akta kelahiran dan akta kematian berikut perubahan kartu keluarganya bisa diurus dan selesai cepat di tingkat desa.

“Lewat SIReP, seluruh pemerintah desa dan kelurahan kini sudah bisa membuka layanan adminduknya. Tak perlu jauh-jauh datang ke kantor kecamatan, apalagi ke Slawi, cukup di kantor Pemdes. Dan pastinya gratis karena sudah tidak ada lagi alasan bagi siapapun membebani warga pemohon dengan biaya transportasi pengurusannya ke kecamatan ataupun Disdukcapil,” kata Umi.

Adapun dua orang Kades yang dilantik adalah Kepala Desa Mejasem Barat, Kecamatan Kramat Yuswan Maulana yang akan berakhir masa jabatannya di tahun 2023 dan Kepala Desa Suradadi, Kecamatan Suradadi Tri Susanto yang akan menjabat hingga 2025.
Kepada keduanya Umi berpesan agar segera menyesuaikan diri, mempelajari tata kelola pemerintahan desa yang baik, beretika dan terbuka serta tidak memberikan celah atau kesempatan terjadinya korupsi.

“Kehadiran saudara sebagai pemimpin tentunya harus bisa menghadirkan warna perubahan positif bagi desa. Memastikan layanan publiknya berjalan baik, terutama layanan administrasinya yang harus lebih cepat, mudah, terbuka dan ramah kepada warganya, tanpa diskriminasi. Tidak ada pungutan liar di luar ketentuan yang berlaku. Dan untuk mewujudkan ini, kuncinya hanya satu, yaitu integritas,” ujarnya.

Sementara itu, ditemui usai acara, baik Yuswan maupun Tri Susanto sebagai Kades yang baru dilantik mengaku senang dan mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Bupati Tegal yang telah berkenan melantiknya secara langsung.
“Mohon doa restunya agar ke depan kami bisa mengemban amanat, melaksanakan tugas sebaik-baiknya, terutama dalam menghadirkan layanan publik prima sebagaimana yang ditekankan ibu bupati. Mampu bekerjasama dengan seluruh elemen pembangunan sebagaimana tujuan kita membangun masyarakat desa yang guyub rukun,” kata Yuswan. 

Red/Tim

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot