JENDELAINDO NEWS UPDATE // Pandangan Fraksi PAN : Pemkot Tegal Kurang Pengawasan Terhadap Perusahaan Nakal # Polres Metro Jakarta Pusat Bongkar Home Industry Ineks Palsu di Johar Baru # 41 Jenazah Korban Kebakaran Lapas Tangerang Teridentifikasi, Operasi DVI Polri Berakhir # APenyidik Evaluasi Bukti dan Keterangan Saksi Kebakaran Lapas Tangerang # Sindikat Skimming ATM, Pelaku Dua Orang WNA # DPD PDIP Laporkan Hersubeno ke Polda Metro Terkait Penyebaran Hoaks Megawati Koma # Komplotan Penggelapan 40 Mobil di Depok Berhasil Diamankan # Selain Kalapas, Penyidik Juga Periksa 6 Orang Terkait Kebakaran Lapas # Polda Metro Jaya Lakukan Pemeriksaan Terhadap Kalapas Tangerang # Polisi Bekuk 6 Pengeroyok Sekeluarga di Bekasi, Motifnya Utang Piutang # Ayu Ting Ting Dicecar 15 Pertanyaan Terkait Kasus Dugaan Penghinaan # Polda Metro Jaya Teliti Laporan Henry Yosodiningrat Soal Kabar Hoaks Megawati Wafat # Densus 88 Antiteror Polri Dalami Informasi Teror dari Kemenlu Jepang # Swab Antigen Gratis Bagi CASN dan PPPK di Gayo Lues # Safari Ke Kota Banjar, Ridwan Kamil: Vaksinasi Disini Luar Biasa Tertinggi di Jawa Barat

Peringati Hari Kartini, ASN Wajib Pakai Kebaya Nasional dan Batik Lengan Panjang


Tegal,Jendelaindo
– Peringatan Hari Kartini ke-142 Tahun 2021 bertepatan dengan bulan Suci Ramadan dan masih adanya Pandemi Covid-19. Sehingga pelaksanaan Peringatan Hari Kartini tingkat Kota Tegal pun berlangsung sederhana. 

Selain hanya akan melaksanakan upacara peringatan Hari Kartini pada hari Rabu (21/04) mulai pukul 07.30 WIB di Gedung Adipura dengan undangan terbatas dan mematuhi protkes secara ketat, Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal diwajibkan mengenakan pakaian dinas kebaya nasional untuk wanita dan batik lengan panjang untuk pria.

Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran Nomor: 003.1/002 tentang Penggunaan Pakaian Dinas dalam rangka Memperingati Hari Kartini ke-142 yang diterbitkan tanggal 19 April 2021. 

SE yang ditandatangi Sekda Kota Tegal Dr. Drs. Johardi, M.M., atas nama Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, S.E., M.M., mengatur kebijakan pakaian dinas bagi pegawai di Lingkungan Pemerintah Kota TegaI daIam rangka memperingati Hari Kartini Ke-142, pada hari Rabu (21/04/2021). Bunyi SE tersebut meminta kepada seluruh pegawai di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal untuk menggunakan pakaian dinas untuk pria batik Iengan panjang dan wanita kebaya nasional. 

“Untuk menghormat dan mengenang atas perjuangan Ibu Kartini pada tanggal 21 April kita menggunakan kebaya dan batik sebagai ciri khas keragaman budaya asli bangsa Indonesia. Jangan sampai generasi-generasi Kartini selanjutnya tidak mengenal budaya kita sendiri. Yang lebih utama adalah jasa-jasa perjuangan beliau Ibu Kartini  masih relevan dengan zaman sekarang dan bisa diwujudkan dalam karya besar generasi kartini sekarang,” kata Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP2PA) Kota Tegal, Muhammad Afin.

Peringatan Hari Kartini di masa pandemi Covid-19 ini, dikatakan Afin juga mengingatkan kepada banyak keteladanan dari kata-kata Kartini dalam buku “Habis Gelap Terbitlah Terang” yang masih sesuai dengan kondisi saat ini. Salah satu kata-kata mutiara itu adalah “Tiada awan di langit yang tetap selamanya, tiada mungkin akan terus menerus terang cuaca sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan kehidupan manusia serupa alam”. Kata-kata tersebut mengandung semangat optimisme menghadapi kehidupan karena sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan.

Kebijakan pengaturan pakaian dinas saat peringatan Hari Kartini berdasar Surat Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Jawa Tengah Nomor 003.1/285 tanggal 10 April 2021 perihal Peringatan Hari Kartini Tahun 2021 dan Peraturan Wali Kota Tegal Nomor 27 Tahun 2017 tentang Pakaian Dinas di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal sebagaimana diubah dengan Peraturan Wali Kota TegaI Nomor 53 Tahun 2019. 
Lebih baru Lebih lama