Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

8/14/2021

Bupati Brebes Kukuhkan 77 Siswa Terbaik Sebagai Paskibraka

Brebes,Jendelaindo - Sebanyak 77 siswa terbaik telah dikukuhkan sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Brebes. Pengukuhan dilakukan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH di Pendopo Bupati, Jumat (13/8) sore. 

Mereka merupakan hasil seleksi calon Paskibraka dari 335 siswa se Kabupaten Brebes. Sedangkan sebagai pasukan inti sebanyak 19 siswa, yang bakal bertugas mengibarkan bendera pusaka di pagi hari dan menurunkannya pada sore hari di Aun-alun Kota Brebes 17 Agustus 2021. 

Dalam pengukuhan Paskibraka, menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Hal ini terlihat dari pemilihan lokasi pengukuhan yang steril, peserta dan anggota Paskibraka dalam barisan yang berjarak serta diikuti secara virtual zoom meeting dan live streaming.

Pengukuhan ditandai dengan pengucapan ikrar Paskibraka yang dipimpin Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH. Ikrar ini sebagai bentuk janji setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, saya Bupati Brebes dengan ini secara resmi mengukuhkan anak-anakku sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Kabupaten Brebes Tahun 2021. Saya percaya kalian mampu dapat melaksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa meridhoi keinginan yang mulia ini, Amin Ya Robbal Alamin,” ucap Idza mengukuhkan para paskibraka.

Dalam sambutannya Bupati Idza mengucapkan selamat kepada anggota Paskibraka Kabupaten Brebes, karena telah mendapat kepercayaan untuk mengemban tugas penting dan bersejarah di tahun ini. Idza menyampaikan, bahwa anggota Paskibraka merupakan siswa terpilih, sehingga ke depan harus siap menjaga nama baik Kabupaten Brebes.

Paskibraka, kata Idza, bukan hanya bertugas sebagai pasukan pengibar bendera pada upacara HUT ke-76 Republik Indonesia saja, akan tetapi harus mampu menjadi panutan yang baik, menjadi teladan. Juga sebagai siswa yang berprestasi, disiplin dan bermoral serta memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi. 

“Laksanakan tugas kalian sebagai Paskibraka dengan penuh semangat dan dedikasi yang tinggi, persiapkan diri kalian dengan baik sejak sekarang dan lewatilah tonggak sejarah yang penting ini demi mengukir prestasi yang gemilang di masa depan,” pesan Idza.

Dikatakan Idza, menjadi anggota Paskibraka bukanlah tugas yang ringan, karena keberhasilan upacara pengibaran bendera Sang Merah Putih dan penurunannya terletak di pundak Paskibraka. Tidak semua siswa berkesempatan mengemban misi yang mulia sebagai Paskibraka. 

Ketua Panitia HUT ke-76 RI Sutrisno SH MH melaporkan, anggota Pakibraka dijaring melalui seleksi dari 335 siswa di SMA/SMK/MA se Kabupaten Brebes. Mereka selanjutnya di pilih 78 siswa oleh Tim Seleksi. Dari 78 orang tersebut, atas nama Rifki Moh Hafidz dari SMA N 1 Brebes berhasil lolos .seleksi tingkat Provinsi Jawa Tengah. Selanjutnya 19 orang sebagai pasukan inti yang akan bertugas pada pengibaran sebanyak 8 siswa dan penurunan bendera juga 8 siswa dan 3 orang cadangan.

Kata Sutrisno, rekrutmen Paskibra dimulai sejak April 2021, kemudian menjalani karantina di gedung PGRI Brebes pada 6-17 Agustus 2021. Sebelum karantina baik panitia, pelatih, instruktur dan peserta semua di swab antigent dengan hasil negatif.

Para anggota Paskibraka telah diberikan bekal konseptual dan keterampilan teknis dalam melaksanakan tugas pengibaran bendera, baris-berbaris serta telah diberikan pemahaman perlakuan terhadap Bendera Merah Putih.

Turut hadir dan mengikuti secara daring Pengukuhan anggota Pakibraka Kabupaten Brebes Tahun 2021, Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH, Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH, jajaran Forkopimda Kabupaten Brebes, para Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Kepala Dinas Dindikpora yang juga Ketua Panitia HUT ke-76 Republik Indonesia Tingkat Kabupaten Brebes Tahun 2021, para orang tua anggota Paskibraka dan Kepala Sekolah serta tamu undangan lainnya. 

Wartawan : Krisna

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot