Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

8/19/2021

Dandim Cilacap Hadiri Upacara Penutupan Pendidikan Komando 105

Cilacap,Jendelaindo - Komandan Kodim 0703 Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, S.I.P didampingi  Ketua Persit KCK Cab XVIII Dim Cilacap Ny. Ninda Andi Afandi menghadiri Upacara Penutupan Pendidikan Komando 105 Tahun 2021, bertempat di Pantai Permisan Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Rabu (18/8/2021) pagi.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada Upacara Penutupan Pendidikan Komando 105 Tahun 2021, Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus Mayjen TNI Mohamad Hasan, dengan pejabat Komandan Upacara (Dan Up) Mayor Inf Rommy yang sehari hari menjabat sebagai Komandan Sekolah Komando.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Danpusdiklatpassus Kopassus Brigjen TNI Thevi A. Zebua, S.E, para Asisten Kopassus, Danpusdiklat Paskhas Kolonel Pas. Solihin, S.I.P, Danlanal Cilacap Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo S.Sos, Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, S.I.P, Kapolres Cilacap AKBP Dr. Leganek Mawardi, S.H., S.I.K., M.H, unsur Forkopimda Kabupaten Cilacap, Tim Management Pertamina RU IV Cilacap dan Kalapas Kelas I Batu Nusakambangan Jalu Yuswo Panjang.

Dalam sambutanya Danjen Kopassus Mayjen TNI Muhamad Hasan mengatakan selaku Danjen Kopassus dan pribadi dirinya mengucapkan selamat kepada para prajurit yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan Komando selama 7 (tujuh) bulan dengan baik.

"Semoga kualifikasi Brevet Komando yang telah kalian sandang dan janji Prajurit komando yang kalian ikrarkan tadi, dapat mendorong dan memotivasi kalian untuk siap mengabdikan diri di satuan pasukan khusus," ucapnya.

Perlu disadari bahwa selama 7 bulan menempuh Pendidikan Komando yang merupakan Dikbangspes di TNI AD, apa yang didapatkan sudah cukup untuk bekal menjadi anggota Pasukan Khusus. Pendidikan komando yang di desain berbeda dengan Pendidikan yang lain dari berbagai segi baik fisik, mental maupun materi yang diajarkan.

Pendidikan Komando yang telah dilaksanakan terbagi dari 3 tahap yaitu tahap basis gunung, hutan dan tahap rawa Laut merupakan media latihan dengan materi teknik dan taktik pasukan khusus, yang tidak mudah untuk dilalui. Selama tahap basis kalian telah dibekali ilmu ilmu dasar Prajurit Komando maupun secara perorangan, kelompok maupun hubungan dalam tim sehingga mampu membentuk karakter Prajurit Komando sejati. 

"Akhir basis ditandai dengan kalian harus mampu melewati UTP selama 12 hari dan tes Psikologi khusus yang membutuhkan tekad yang tinggi serta karakter Prajurit individu, dimana dalam keadaan stres dan lelah kalian tetap mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat," katanya.

Lebih lanjut, "Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut mendukung terlaksananya pendidikan komando ini dengan baik Semoga kerjasama yang telah terjalin selama ini dapat terus berkembang di masa yang akan datang. Semoga Tuhan Yang maha kuasa senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingannya kepada kita dalam melanjutkan pengabdian kepada Kopassus, TNI, Bangsa dan Negara tercinta," tutup Danjen Kopassus.

Red/Sholeh

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot