JENDELAINDO NEWS UPDATE // Pandangan Fraksi PAN : Pemkot Tegal Kurang Pengawasan Terhadap Perusahaan Nakal # Polres Metro Jakarta Pusat Bongkar Home Industry Ineks Palsu di Johar Baru # 41 Jenazah Korban Kebakaran Lapas Tangerang Teridentifikasi, Operasi DVI Polri Berakhir # APenyidik Evaluasi Bukti dan Keterangan Saksi Kebakaran Lapas Tangerang # Sindikat Skimming ATM, Pelaku Dua Orang WNA # DPD PDIP Laporkan Hersubeno ke Polda Metro Terkait Penyebaran Hoaks Megawati Koma # Komplotan Penggelapan 40 Mobil di Depok Berhasil Diamankan # Selain Kalapas, Penyidik Juga Periksa 6 Orang Terkait Kebakaran Lapas # Polda Metro Jaya Lakukan Pemeriksaan Terhadap Kalapas Tangerang # Polisi Bekuk 6 Pengeroyok Sekeluarga di Bekasi, Motifnya Utang Piutang # Ayu Ting Ting Dicecar 15 Pertanyaan Terkait Kasus Dugaan Penghinaan # Polda Metro Jaya Teliti Laporan Henry Yosodiningrat Soal Kabar Hoaks Megawati Wafat # Densus 88 Antiteror Polri Dalami Informasi Teror dari Kemenlu Jepang # Swab Antigen Gratis Bagi CASN dan PPPK di Gayo Lues # Safari Ke Kota Banjar, Ridwan Kamil: Vaksinasi Disini Luar Biasa Tertinggi di Jawa Barat

Cegah Banjir, Bupati Brebes Keruk Sungai dan Drainase

Brebes,Jendelaindo - Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH bersama Forkopimda mengeruk sungai dan drainase perkotaan. Aksi sosial tersebut untuk mencegah banjir ketika musim hujan datang. Sebab, berdasarkan pengalaman, di perkotaan selalu kebanjiran akibat dangkalnya sungai dan mampatnya drainase perkotaan.

“Menjadi kewajiban bersama, untuk mengantisipasi banjir perkotaan dengan mengeruk sungai dan drainase,” kata Idza ketika memimpin bersih Sungai Sigeleng, Kelurahan Limbangan Wetan, Brebes, Jumat (5/11). 

Selain itu, kata Idza, aksi bersih sungai dan drainase dapat menggugah masyarakat untuk menjaga lingkungan dan kelestarian alam dari bencana banjir. Salah satu penyebab meluapnya air sungai karena pendangkalan dan menumpuknya sampah serta mampatnya drainase. Bila sungai terpelihara dengan baik maka penyediaan sumber pengairan pertanian juga akan tersedia, sehingga kesejahteraan masyarakat tani bisa terwujud. 

Selain bersih sungai, Idza juga menanam pohon untuk menyelamatkan dan mengelola alam dan sumber air agar tetap terjaga sehingga bisa diwariskan pada generasi yang akan datang. 

Idza mengatakan menjaga kelestarian lingkungan merupakan kewajiban sekaligus tanggung jawab bersama sebagai warga negara. Perlu menciptakan keseimbangan antara manusia dan lingkungan sekitar, karena bila lingkungan mulai rusak maupun tercemar bencana akan melanda.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah Budi Darmawan menjelaskan, Penanaman Pohon dan Bersih Sungai digelar serentak di empat lokasi. Yakni penanaman pohon di Jalur Kantor Pemerintahan Terpadu (KPT) sebanyak 350 batang pohon trembesi, Jalur Limbangan wetan-Rangdusanga Kulon sebanyak 580 batang pohon ketapang kencana. Sedangkan di desa Prapag Lor dan Prapag Kidul 200 batang Cemara Laut, dan Objek Wisata Pantai Rangdusanga Indah (Par In) 200 batang Cemara Laut.

Selain penanaman pohon di empat lokasi tersebut, bersih sungai dan drainase juga di gelar di Sungai Sigeleng, Kamal, Sigempol dan Pemali. Serentak di 17 Kecamatan Se Kabupaten Brebes dengan melibatkan Muspika, Pemdes, Ormas, dan masyarakat umum lainnya. 

Turut menanam pohon dan bersih sungai Sigeleng antara lain Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH, Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH, Ketua Pengadilan Negeri Tornado Edmawan, Sekda Brebes Ir Djoko Gunawan MT, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, dan para Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Brebes.

Wartawan : Krisna
Lebih baru Lebih lama