Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

10/05/2022

PMI Banjarnegara Jamin, Darah yang Dihasilkan Terbebas dari 4 Penyakit Menular

Banjarnegara, Jendelaindo - Setiap produk darah di Unit Doroh Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) harus dipastikan aman dan terbebas dari empat parameter penyakit Infeksi menular.

Beberapa penyakit menular yang dimaksud diantaranya yakni, HIV, Hepatitis B, Hepatitis C dan sifilis.
Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Banjarnegara Syarah Mutia Dewi mengatakan, untuk menjamin keamanan darah yang akan ditransfusikan kepada pasien, sampel darah tersebut akan melalui proses uji saring atau beberapa proses terlebih dahulu.
"Deteksi Infeksi Menular Lewat Transfusi Darah (IMLTD) dapat dilakukan terhadap antibodi dan atau antigen," ujarnya.

Lalu apa saja tahapan dalam proses uji saring yang dilakukan untuk mencegah Infeksi Menular Lewat Transfusi Darah (IMLTD).
"Beberapa metode yang dilakukan antara lain Rapid Test, Enzyme Linked Immuno Sorbent Assay (ELISA), Chemilunescence Immuno Assay (ChLIA) dan dapat dilakukan terhadap metode Nucleic Acid Amplification Test (NAT)," lanjutnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, metode uji saring dengan Rapid Test merupakan tes sederhana untuk penyaringan awal, metode ini hanya untuk pengujian darurat dan digunakan di labolatorium yang lebih kecil. "Metode Rapid Tes hanya memakan waktu 10 sampai 30 tanpa membutuhkan peralatan tambahan," tutur Syarah.

Sementara untuk uji saring pertanda infeksi untuk pengamanan darah ada empat meliputi yang pertama HIV 1 dan HIV 2, uji saring untuk HIV antigen-antibodi kombinasi atau HIV antibodi.
Kedua yakni Hepatitis B rusface antigen, ketiga yakni Hepatitis C dan uji saring untuk HCV antigen-antibodi kombinasi atau HCV antibodi.

Dan yang keempat, yakni sifilis dengan uji saring untuk antibodi treponemol spesifik (treponema pallidium).
"Metode uji saring dengan Chemilunescence Immuno Assay (ChLIA), merupakan uji saring otomatis yang digunakan untuk mendeteksi adanya antigen atau anti body spesifik yang dalam pengukurannya menggunakan intensitas cahaya dari sampel yang diperiksa," tegasnya.

Sementara metode uji saring dengan Nucleic Acid Amplification Test (NAT) adalah pemeriksaan uji saring untuk mendeteksi asam nukleat virus (RNA/DNA).

Metode ini mampu memperpendek window periode atau jeda waktu dari infeksi virus, seperti HIV, Hepatitis B dan Hepatitis C.
Keunggulan metode Nucleic Acid Amplification Test (NAT) dapat mendeteksi virus Hepatitis B sehingga keamanan darah semakin terjamin.
"Saat ini di UDD PMI Banjarnegara belum dapat melakukan metode NAT karena masih terkendala teknis berupa peralatan," pungkasnya.

Demikianlah beberapa proses dan tahapan yang dilakukan oleh Unit Donor Darah PMI Banjarnegara dalam upaya pemenuhan darah yang sehat, aman dan berkualitas.**alw

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot