Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

11/20/2022

Penasehat IPJT Brebes : Bencana Menjadi Tanggungjawab Bersama

Brebes, Jendelaindo - Penasehat DPC Sekber IPJT Kabupaten Brebes, Azmi Asmuni Majid, S.TP. yang juga merupakan Pengurus Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Kabupaten Brebes dan tokoh penggerak masyarakat, menyampaikan pandanganya terkait kebencanaan dan pentahelix, dalam penanggulangan bencana di Indonesia khususnya di kabupaten Brebes, Minggu (20/11/2022).

Menurut Azmi, bencana selalu beririsan dengan seluruh kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, saya tegaskan, bahwa bencana itu adalah menjadi urusan bersama.

“Semua pihak wajib memiliki kesadaran kolektif akan kepedulian terhadap bencana, karena soal cara penanganan dan pencegahan bencana itu membutuhkan kolaborasi dengan lima elemen pentahelix penanggulangan bencana, Pentahelix dimaknai sebagai kerangka kerja dalam berkegiatan dan berkarya agar lebih maksimal, khususnya dalam konteks penanggulangan bencana di Indonesia," Terang Azmi.

"Pentahelix yang di maksud di sini adalah pihak atau helix yang memiliki peran, kepentingan maupun karakternya, ada lima unsur yang terdiri dari pemerintah, masyarakat, dunia usaha, akademisi atau pakar dan media massa, ini kerangka kerja yang perlu kita aplikasikan di lapangan. 
Semoga dengan adanya Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) di Kabupaten Brebes yang diketuai oleh "Mbak Mitha (Paramitha Widya Kusuma) bisa menjadi acuan gerak dalam penanganan bencana khususnya di Kabupaten Brebes, " Tambah Azmi Asmuni Majid.

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot