Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

12/22/2022

Hari ke 43 Kanem 2933 Tahun Jawa, Penganut kejawen Maneges Gelar Pesta Rakyat

Slawi, Jendelaindo - Seperti pada Tahun sebelumnya yang jatuh di bulan Desember, Hari KANEMAN (Festival Hujan) Pranata Mangsa ke 43 Kanem 2933 Tahun Jawa,Penganut kepercayaan Kejawen Maneges menggelar Pesta Rakyat.

Kegiatan itu dilaksanakan di depan halaman Pendopo Wiragati, Kejawen Manegesi, di Jalan Tapel Wates Desa, Penusupan Pener, Kabupaten Tegal Jawa Tengah, dihadiri oleh berbagai warga kejawen maneges di antaranya dari pemalang dan warga sekitar.Kamis (22/12/2022)
KRT Roso Mulya Aji, ST. MT, selaku Ketua Umum (Ketum) Penganut kepercayaan Kejawen Maneges mengatakan, "acara pesta rakyat ini dilaksanakan 1 tahun sekali tepatnya jatuh pada bulan Desember, jadi pada bulan itu kami melaksanakan kegiatan tersebut yang diantaranya adalah, pembagian sembako, lomba karoke, lomba mewarnai dan lomba manangkap petir serta resepsi dan lomba lainya.
"Hari Kaneman ini sebagai bentuk rasa syukur, rakyat menyambut musim hujan dan berharap menjadi kebaikan bukan keburukan. Kebaikan misalnya menjadikan tanah subur, mata air dan dijauhkan dari keburukan yang disebabkan oleh air hujan misalnya Banjir atau lainya " pungkasnya

Laporan : Nonita Zufrina/Tim

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot