Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

6/12/2023

Sungkeman Kelulusan Siswa Kelas 6 di SD Negeri 1 Karangsalam, Menjadi Penguat Kalbu

Banjarnegara, Jendelaindo - Sebanyak 28 siswa kelas 6 SD Negeri I Karangsalam, Kecamatan Susukan, kabupaten Banjarnegara, yang telah dinyatakan lulus sekolah melakukan kegiatan sungkeman kepada orang tua masing-masing. Senin (12/6/2023).

Acara Sungkeman ini dilakukan di ruang kelas yang selama ini ditempati para siswa di ruang kelas 6, Suasana haru pun terjadi antara orang tua dengan para siswa. Musik pengiring dan narasi yang dibawakan oleh seorang guru menambah syahdu. Isak tangis mewarnai acara sungkeman apalagi ada beberapa siswa yang orangtuanya sudah meninggal dunia.

Menurut Guru Kelas 6 SD Negeri I Karangsalam Evi Kurniasih, M.Pd mengatakan, "Sungkeman memiliki tujuan yang mulia sekaligus bertujuan agar para siswa memohon maaf kepada orangtuanya dan para guru.

"Selama ini mungkin banyak kesalahan yang diperbuat secara sengaja maupun tidak disengaja. Selain itu juga sebagai penguat hubungan antara anak dan orang tua serta ajang berbakti siswa. Banyaknya kesibukan terkadang membuat hubungan dalam keluarga menjadi kurang seimbang.

Acara Sungkeman ditutup dengan pembacaan doa yang dibawakan oleh Guru Pendidikan Agama Islam,  Kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang berjumlah 3 buah dan makan bersama antara guru, wali murid dan siswa. (Diah NS)

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot