Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

8/31/2023

Deteksi Dini Penyakit TBC, HIV dan Sifilis, Seluruh Warga Binaan Rutan Banjarnegara Jalani Active Case Finding

Banjarnegara, Jendelaindo - Deteksi dini cegah penularan TBC pada kelompok komunal beresiko tinggi, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Banjarnegara melakukan Active Case Finding ( AFC ) X-Ray terhadap 107 Warga Binaannya, Kamis (31/8).

Kegiatan ACF meliputi skrining Gejala yang dilakukan oleh Petugas Kesehatan Rutan Banjarnegara, Skrining Chest X-ray (Mobile Rontgen) oleh Jasa Tirta Medical Centre (TMC) dan Pemeriksaan Tes Cepat Molekular/TCM, HIV, sifilis oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara dibantu Puskesmas Banjarnegara 1.

Kepala Rutan Banjarnegara Bima Ganesha Widyadarma melalui Kepala Subsi Pelayanan Tahanan mengatakan kegiatan ini digelar sebagai tindak lanjut surat edaran Direktorat Jendral Pemasyarakatan tentang Active Case Finding ( ACF ) kepada 206.330 Tahanan/Narapidana/Anak/Anak Binaan di 374 Lapas/Rutan pada 33 Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM, dengan target pada masing-masing UPT Pemasyarakatan.

"Kegiatan ini merupakan program Direktorat Jenderal Pemasyarakatan yang dilaksanakan serentak oleh seluruh Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan termasuk Rutan Banjarnegara", kata Kasubsi Yantah

Ia juga mengatakan seluruh warga binaannya akan mengikuti pemeriksaan tersebut.

"Dari jumlah Warga Binaan 111 orang,  seluruhnya akan mengikuti skrining. Semoga kegiatan ini lancar dan dapat memberikan manfaat bagi kesehatan warga binaan," pungkasnya.

Sementara itu petugas scrining TBC dr Azam mengungkapkan, setelah memeriksa 111 orang warga binaan, 107 orang lanjut ke pemeriksaan X-Ray.

"Dari 107 warga binaan yang mengikuti x-ray, 31 orang diantaranya lanjut ke pemeriksaan Tes Cepat Molekuler (TCM)," ungkap dr Azam.

Dokter Azam juga mengatakan jika dari TCM hasilnya positif TBC, maka akan segera ditindaklanjuti oleh dinas terkait untuk pengobatan lebih lanjut.

Hadir meninjau kegiatan, Sub Bidang Pelayanan Tahanan, Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi Divisi Pemasyarakatan Kanwil Jawa Tengah Nurcahyo Agung.

Dalam tinjauannya, Nurcahyo Agung mengatakan pihaknya akan terus memonitor seluruh hasil scrining termasuk pemeriksaan TCM dan akan mengambil tindak lanjut dari hasil pemeriksaan tersebut.Red/Dita RT BNA

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot