Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

11/01/2023

Job Fair SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara, Bentuk Kepedulian Terhadap Siswa dan Alumni

Banjarnegara, Jendelaindo - Sebagai wujud kepedulian terhadap masa depan siswa dan alumni, SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara mengadakan Job Fair guna mempermudah mereka dalam mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang dan keahlian.

Kegiatan ini merupakan langkah nyata dalam menciptakan lulusan yang kompeten, serta mengurangi angka pengangguran di kalangan anak muda.

Job Fair yang diadakan oleh SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara ini, merupakan wujud kerjasama antara sekolah, pemerintah, dan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja terampil dan potensial dari berbagai latar belakang yang ada di SMK tersebut.

Tak hanya itu, kegiatan ini juga turut menyumbang dalam meningkatkan kualitas dan koneksitas antara dunia pendidikan dan dunia kerja.

Melalui Job Fair yang diadakan, siswa dan alumni mendapatkan informasi mengenai perfilman yang ditawarkan oleh perusahaan, serta memfasilitasi mereka dalam menghadapi proses rekrutmen yang seringkali menjadi penghalang utama dalam memperoleh pekerjaan.

Selain itu, Job Fair ini juga menjadi ajang bagi perusahaan untuk memperoleh tenaga kerja baru yang berkualitas dan siap bekerja.

Kegiatan ini berlangsung di Ruang Aula Cokroaminoto 2 Banjarnegara, Rabu (1/11/2023). dihadiri oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Disnaker PMPTSP Banjarnegara, Pengawas SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 9, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Plt Ketua Umum Yayasan Pendidikan Islam Cokroaminoto Banjarnegara, 11 Perusahaan dan lainya.
Sementara, menurut Ngusman, S.Pd selaku Kepala SMK Cokroaminoto 2 Banjaregara menjelaskan, "Job Fair ini memberikan kesempatan pada Siswa dan alumni agar mengembangkan keterampilan penting yang diperlukan untuk terjun ke dunia kerja.

"Dengan menghadiri Job Fair SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara, siswa dan alumni bukan hanya mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan perekrut yang hadir, tetapi juga bisa memperoleh wawasan mengenai dunia kerja dan persaingan yang ada." Ujar Ngusman.

Bahkan kami pun akan menyiapkan tenaga kerja, yang siap untuk bekerja di industri dan kemudian kita pasarkan melalui job fair ini.

Acara ini terbukti sangat membantu dalam mengurangi kesulitan yang dialami oleh siswa dan alumni, dalam pendaftaran kerja secara langsung." Pungkasnya.
Di tempat yang sama, Ir. Abdul Suhendi Kepala Disnaker PMPTSP Banjarnegara mengatakan, "Job Fair di SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara ini menjadi ajang penting bagi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk mengeksplorasi peluang karir dan berkembang dalam dunia kerja, serta memberikan tips tentang cara terbaik mempersiapkan diri dan mengambil keuntungan dari kesempatan ini.

Pendidikan kejuruan kini semakin mendapatkan perhatian dalam dunia pendidikan dan industri di Indonesia, lulusan SMK memiliki keunggulan dalam hal keterampilan praktis yang langsung dapat diterapkan dalam dunia kerja.

Maka dari itu, Job Fair SMK Cokroaminoto 2 ini menjadi ajang yang sangat penting dalam membantu para siswa dan alumni untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan bidang keahlian mereka." Kata Abdul Suhendi.
Menambahkan, Ahmad Fajar Sekretaris Apindo Banjarnegara mengakatan, "Setiap tahun jumlah lulusan sekolah terus mengalami peningkatan, yang berarti semakin banyak pula individu yang membutuhkan bantuan untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi mereka.

Selain itu, job fair ini juga membantu para siswa dan alumni mengasah keterampilan mereka dalam melakukan proses wawancara kerja, nantinya mereka dapat secara langsung belajar bagaimana cara membawa diri, berkomunikasi, dan menjawab pertanyaan yang kerap muncul saat wawancara kerja.

Tak hanya berfokus pada keberhasilan siswa dan alumni dalam mendapatkan pekerjaan, SMK Cokroaminoto 2 juga berupaya menggali potensi mereka sebagai calon pengusaha atau wirausaha. Hal ini ditunjukkan dengan adanya sesi khusus yang membahas tips dan trik untuk memulai bisnis serta pelatihan keterampilan yang sesuai dengan minat dan bakat para peserta." Ujar Fajar. (Arf)

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot