Panwaslucam, Gelar Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu


Gunungsitoli, Jendelaindo - Panitia Pengawasan Pemilihan Umum (Panwaslucam) Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli - Sumatera Utara, menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif masyarakat pada tahapan pemutakhiran dan penyusunan daftar pimilih yang dilaksanakan di 101 Nusa Lima, Sabtu (29/08/20).

Kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif masyarakat dalam pelaksanaan pengawasan tahapan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Gunungsitoli tahun 2020 tersebut, dihadiri oleh Forkopimka, Mewakili Camat Gunungsitoli Idanoi, Narasumber dan Peserta lainnya.

Ketua Panwaslucam Kecamatan Gunungsitoli Idanoi (Gelizaman Laowo) kepada awak Media menyampaikan, bahwa sesuai dengan bagian dari objek pengawasan ini, dibutuhkan strategi pengawasan yang dilakukan oleh jajaran Bawaslu.

" Ya sosialisasi ini adalah supaya adanya peran serta masyarakat dalam hal mengawasi pemilihan walikota dan wakil walikota.

Sementara itu, Martinus Gea, SE. MM, sebagai Narasumber pada kegiatan tersebut kepada awak Media  mengatakan bahwa inti dari pada materi hari ini adalah bagaimana membangun tingkat partisipasi seluruh stakeholder dalam mengawasi seluruh tahapan Pilkada secara khusus di Kecamatan Gunungsitoli Idanoi.

Selanjutnya Martinus Gea berharap bahwa pengawas pemilu dibantu dengan seluruh stakeholder ada masyarakat LSM dan berbagai unsur-unsur pendidikan termasuk perguruan tinggi mengawasi seluruh tahapan yang sedang berlangsung saat ini secara khusus, hingga pada tahapan pemutakhiran daftar pemilih.

" Ya dengan adanya diskusi hari ini, seluruh peserta yang sudah hadir bisa menjadi bagian dari pengawasan dan proaktif untuk menyukseskan Pilkada Gunungsitoli 9 Desember 2020 yang akan datang," harapnya narasumber Martinus.

Pantauan awak Media pada kegiatan tersebut, diikuti sekitar 25 peserta, terdiri perwakilan dari masyarakat, tokoh, mahasiswa dan pemilih pemula dengan tetap mengikuti protokoler kesehatan, yaitu menggunakan masker, jaga jarak, dan mencuci tangan sebelum memasuki ruangan.

Wartawan : ARIUS MENDROFA

Lebih baru Lebih lama