Bak Sampah dibongkar, Masyarakat Butuh Kebijakan


Kota Tasikmalaya - jendelaindo. Perwakilan masyarakat yang didampingi beberapa Ketua Rt dan Rw wilayah lingkungan Kelurahan Cipedes Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya, musyawarah terkait sampah yang digelar di Aula Kantor Kelurahan Cipedes 23 /09/2020. Dihadiri Kepala Kelurahan Cipedes Deden Setiawan, Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya Iwan Setiawan dan beberapa Ketua Rt dan Rw. 
Ketua RW 03 Bapak Husen mengatakan " persampahan adalah tanggung jawab dari Dinas Lingkungan Hidup, masyarakat hanya sebagai penunjang.Jika LH beralasan mengenai hanya karena anggaran, SDM, saya kira itu hanya alasan " klasik " yang kesannya dibuat - buat, sementara pemerintah harus berjalan Profesional dan froporsional. Jadi, ketika kendala itu dibebankan kepada masyarakat beban masyarakat sangat berat, apalagi dimasa pandemi Covid19. Bak sampah umum ada, namun bak tersebut untuk keseluruhan atau umum bukan untuk digunakan warga kami. Karena itu, Dinas LH harus bertanggung jawab sepenuhnya mengenai sampah ini bersama Walikota serta harus membuat kebijakan demi mengutamakan terkait hal tersebut. Kalau masalah sampah ini tidak dilaksanakan dengan baik, maka akan berpotensi mencoreng pemerintahan Kota Tasikmalaya sendiri ", ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya Iwan Setiawan menyampaikan " dengan adanya musyawarah ini kita bisa membuka solusi agar konsisten dilaksanakan.

Supaya, ketertiban mengenai sampah dapat terselesaikan. Dengan adanya komitmen bersama, titik kumpul sampah yang terlihat seperti itu tidak terjadi lagi. Untuk saat ini, solusi penarikan sampah ditarik pakai roda dikumpulkan ditiap - tiap Rt sehingga setiap hari dapat ditarik oleh petugas kebersihan Lingkungan Hidup kecuali hari Jumat ", pungkasnya.

Wartawan : Al Prayudi
Lebih baru Lebih lama